Joomla session timing

Mungkin akan terasa menjengkelkan bila Anda sering mendapatkan pesan "Your session has expired. Please log in again." saat berada di area administrator (backend) Joomla. Mau tidak mau untuk kembali masuk ke area administrator Joomla, Anda harus memasukkan user name dan password lagi. Sebenarnya Joomla memiliki alasan kuat terkait dengan isu keamanan (security issues). Anda diperpolehkan masuk dan tetap berada di area administrasi Joomla selama maksimal 15 menit tanpa aktifitas.

Setelah lebih dari 15 menit tanpa aktifitas dan Anda memulai lagi aktifitas di area administrasi, Joomla akan menampilkan pesan yang mengharuskan untuk login kembali. Membatasi waktu tanpa aktifitas di area administrasi akan mencegah hal yang tidak diinginkan terkait dengan area administrasi Joomla. Apabila pembatasan waktu 15 menit menurut Anda terlalu pendek, Anda dapat memperpanjang waktu tersebut dengan merubah nilai standar yang ada. Alternatif lainnya, Anda dapat memasang (install) sebuah ekstensi yang dapat menonaktifkan session timing ini.

Yang perlu menjadi pertimbangan adalah mengatur batasan waktu lebih panjang bukan hal yang baik ketika Anda bekerja di area administrasi Joomla di tempat ramai. Ketika Anda meninggalkan komputer karena suatu hal dengan area administrasi Joomla dibiarkan terbuka, ini akan beresiko dimana orang yang tidak berkepentingan dapat mengeksploitasi. Orang yang tidak berkepentingan akan memiliki akses langsung ke area administrasi Joomla dan melakukan apa saja.

Joomla telah mempertimbangkan bahwa batasan maksimal 15 menit tanpa aktifitas adalah lamanya waktu yang tidak terlalu beresiko. Semakin sempit batasan waktu, akan semakin aman untuk Anda bekerja di area administrasi Joomla, begitu pula sebaliknya. Dengan mempertimbangkan semua resiko yang ada, ini akan menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menetapkan session timing lebih hati-hati. Berikut ini adalah cara merubah session timing di CMS Joomla:

Masuk terlebih dahulu ke area administrasi Joomla (Joomla backend) dan kemudian klik menu Site > Global Configuration.

Joomla session timing

Di area Global Configuration, pilih dan klik tab System.

Joomla session timing

Di bagian Session Setting, ganti nilai di kotak Seesion Lifetime dengan nilai yang Anda inginkan, misalnya 20 (nilai default Joomla adalah 15). Nilai yang Anda tentukan menunjukkan rentang waktu dalam menit. Apabila kursor mouse di arahkan ke label Session Lifetime, Akan muncul saran untuk tidak merubah ke nilai yang terlalu tinggi.

Joomla session timing

Simpan perubahan dengan mengklik tombol Save & Close. Sekarang Anda dapat  berada di lingkungan administrasi Joomla (sistem CMS Joomla) lebih lama dari waktu default yang yang diberikan Joomla.

Joomla session timing

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It