Cara Menggunakan Fitur AutoSum Di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet untuk mengolah data yang ada di dalam sel. Untuk mengolah data, Anda perlu membuat formula atau makro VBA (Visual Basic for Applications). Ketika membuat formula Excel, Anda mungkin melibatkan satu atau lebih fungsi (function) Excel. Salah satu fungsi di Excel yang paling sering digunakan adalah SUM().

SUM() adalah salah satu fungsi populer di Microsoft Excel. Oleh karena itu, terdapat tombol khusus untuk fungsi SUM() di ribbon Microsoft Excel. Dengan tombol khusus ini, Anda dapat menyisipkan fungsi SUM() secara otomatis. Tombol khusus untuk fungsi SUM() otomatis ini dikenal dengan tombol AutoSum.

Melalui tombol AutoSum ini, Anda dapat menjumlah angka pada kolom atau baris Excel dengan cepat. Cara kerja dari tombol AutoSum adalah dengan memasukkan formula untuk menjumlah angka di lembar kerja (worksheet) Microsoft Excel secara otomatis.

Di Microsoft Excel, tombol AutoSum ada di dua lokasi berbeda. Anda dapat menemukan tombol AutoSum di tab Home > kelompok Editing > AutoSum dan juga di tab Formulas > kelompok Function Library > AutoSum. Berikut ini adalah cara menggunakan fitur AutoSum di Microsoft Excel.

1. Menggunakan AutoSum di Excel.

Untuk menjumlah angka pada baris menggunakan AutoSum, pilih atau aktifkan sel Excel tepat di sebelah kanan angka terakhir di baris tersebut.

Cara menggunakan fitur autosum di Microsoft Excel

Pastikan tab Home telah diaktifkan, di kelompok Editing (1), klik tombol AutoSum (2) dan kemudian tekan tombol Enter untuk menjumlah angka yang ada di sebelah kiri sel aktif.

Cara menggunakan fitur autosum di Microsoft Excel

Untuk menjumlah angka pada kolom menggunakan AutoSum, pilih atau aktifkan sel Excel tepat setelah angka terakhir di kolom tersebut.

Cara menggunakan fitur autosum di Microsoft Excel

Menggunakan tombol AutoSum di tab Formulas, pastikan tab Formulas aktif (1), di kelompok Function Library (2), klik tombol AutoSum (3) dan kemudian tekan tombol Enter untuk menjumlah angka yang ada di bagian atas sel aktif.

Cara menggunakan fitur autosum di Microsoft Excel

2. Menjumlah banyak baris atau kolom dengan AutoSum.

Anda juga dapat menggunakan tombol AutoSum untuk menjumlah angka di beberapa baris atau kolom sekaligus. Sebagai contoh untuk menjumlah beberapa baris sekaligus, seleksi beberapa sel Excel di sebelah kanan angka terakhir berturut-turut, klik tombol AutoSum dan kemudian tekan tombol Enter.

Cara menggunakan fitur autosum di Microsoft Excel

3. Pintasan keyboard untuk AutoSum.

Selain menggunakan tombol AutoSum, menjumlah angka otomatis juga dapat dilakukan dengan pintasan keyboard. Sebagai contoh menjumlah angka pada baris Excel, pilih atau aktifkan sel Excel tepat di sebelah kanan angka terakhir di baris tersebut dan kemudian tekan tombol keyboard Alt + = (tanda sama dengan) secara bersama-sama.

4. Menggunakan AutoSum dengan fungsi lain.

Selain menjumlah angka pada baris atau kolom, Anda juga dapat menggunakan tombol AutoSum untuk menyisipkan fungsi Excel lainnya seperti rata-rata (AVERAGE), menghitung sel yang berisi angka (COUNT), Nilai terbesar (MAX), nilai terkecil (MIN) atau fungsi Excel lainnya.

Sebagai contoh, untuk mencari jumlah penjualan merek laptop terbanyak pada bulan Januari, pilih atau aktifkan sel Excel (1) tepat setelah angka terakhir di kolom tersebut, Pastikan tab Formulas aktif (2), di kelompok Function Library (3), klik anak panah pada tombol AutoSum (4) dan kemudian pilih fungsi MAX (5).

Cara menggunakan fitur autosum di Microsoft Excel
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It