Apa Itu Screen Resolution Dan 5 Cara Memeriksanya Di Windows 10

Layar komputer menggunakan jutaan piksel (pixels) untuk menampilkan gambar, grafik atau obyek digital lainnya. Piksel sendiri diwakili oleh titik pada layar tampilan komputer. Piksel-piksel tersebut tersusun dalam grid secara horizontal dan vertikal. Dengan demikian, secara sederhana, screen resolusion (resolusi layar) didefinisikan sebagai jumlah piksel secara horizontal dan vertikal pada layar tampilan.

Umumnya, screen resolution ditulis, misalnya dengan 1024 x 768, 1366 x 768 dan 1920 x 1080. Sebagai contoh, screen resolution 1024 x 768 artinya bahwa layar komputer memiliki 1024 piksel secara horizontal dan 768 piksel secara vertikal. Selain itu, screen resolution juga memiliki nama dasar seperti HDTV serta Ultra UHD untuk TV dan XGA serta WQXGA untuk monitor komputer.

Ketika membeli PC atau Laptop gaming atau smartphone, screen size juga menjadi faktor lain yang perlu untuk dipertimbangkan selain screen resolution. Screen size merupakan ukuran fisik dari diagonal layar. Ukuran diagonal layar ini menggunakan inci ("), misalnya 5", 6", 10", 13", 17" dan lain sebagainya. Screen size dan screen resolution tidak terkait secara langsung.

Anda mungkin mempunyai sebuah tablet dengan ukuran layar 10.6" dan resolusi layar 1920 x 1080 dan mungkin juga Anda mempunyai sebuah komputer dekstop dengan ukuran layar 24" dan resolusi yang sama. Di sini, gambar sama yang ditampilkan di komouter dekstop akan terlihat jauh lebih besar jika dibandikan dengan di tablet karena dimensi fisik dari monitor.

Ketika Anda paham screen resolusi, mungkin muncul keinginan untuk mengetahui screen resolution dari PC atau laptop Windows. Microsoft Windows memiliki beberapa tool yang bisa digunakan untuk mengetahui atau memeriksa screen resolution PC atau laptop. Selain itu, ada juga cara mudah lainnya yaitu dengan mengunjungi utilitas web micro di bestfirm.com jika PC atau laptop terkoneksi internet.

Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui atau memeriksa screen resolution PC atau laptop Anda menggunakan tool yang tersedia di Windows dan juga dengan utilitas online:

1. Melalui Display settings.

Untuk mengetahui atau memeriksa screen resolution (resolusi layar) melalui Display settings, klik kanan di area kosong desktop Windows untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian klik Display settings.

Mengetahui memeriksa screen resolution di Microsoft Windows

Di bagian Display dari Settings - System, Anda dapat melihat screen (display) resolution PC atau laptop Anda yaitu 1366 x 768 (Recomended).

Mengetahui memeriksa screen resolution di Microsoft Windows

2. Melalui tool DirectX Diagnostic.

DirectX Diagnostic (DxDiag) adalah tool untuk menguji fungsionalitas DirectX dan juga untuk memecahkan masalah perangkat keras (hardware) seperti audio, display, video dan aplikasi multimedia lainnya. Pemecahan perangkat keras terutama yang terkait dengan masalah driver.

Untuk mengetahui atau memeriksa screen resolution (resolusi layar) melalui tool DirectX Diagnostic, gunakan keyboard shortcut Windows + R, ketik dxdiag dan kemudian klik tombol OK. Di jendela DirectX Diagnostic tool yang muncul, klik tab Display (1) dan Anda dapat melihat atau mengetahui screen resolution (2) dari PC atau laptop Anda. Mengetahui memeriksa screen resolution di Microsoft Windows

3. Melalui Command Prompt.

Command Prompt adalah aplikasi penterjemah baris perintah di Microsoft Windows. Command Prompt adalah aplikasi natif Windows untuk OS/2 dan sistem operasi berbasis Windows NT. Command Prompt adalah tool powerfull yang dapat digunakan untuk mengeksekusi baris perintah untuk mengotomasi tugas melalui script dan batch file.

Untuk mengetahui atau memeriksa screen resolution (resolusi layar) melalui Command Prompt, buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu, ketik perintah wmic path Win32_VideoController get CurrentHorizontalResolution,CurrentVerticalResolution dan kemudian tekan tombol Enter. Dari hasil eksekusi perintah, dapat diketahui screen resolution dari PC atau laptop Anda.

Baca artikel:

Mengetahui memeriksa screen resolution di Microsoft Windows

4. Melalui Windows PowerShell.

Selain digunakan di Command Prompt, perintah wmic path Win32_VideoController get CurrentHorizontalResolution,CurrentVerticalResolution juga dapat digunakan di Windows PowerShell. Windows PowerShell memiliki fungsi sama seperti Command Prompt, namun dengan fungsionalitas dan fleksibilitas yang lebih baik. Dan juga, Windows PowerShell memiliki beberapa fitur lanjutan yang tidak ada di Command Prompt.

Baca artikel:

Untuk mengetahui atau memeriksa screen resolution (resolusi layar) melalui Windows PowerShell, Buka atau jalankan Windows PowerShell terlebih dahulu, ketik perintah wmic path Win32_VideoController get CurrentHorizontalResolution,CurrentVerticalResolution dan kemudian tekan tombol Enter. Dari hasil eksekusi perintah, dapat diketahui screen resolution dari PC atau laptop Anda.

Mengetahui memeriksa screen resolution di Microsoft Windows

5. Melalui utilitas online gratis.

Selain menggunakan utilitas yang disediakan Windows, Anda juga dapat menggunakan utilitas online gratis. Cara ini dapat Anda gunakan bila PC atau laptop Windows Anda terkoneksi internet. Utilitas online ini akan membantu Anda mengetahui atau menemukan monitor atau screen resolution dari PC atau laptop Anda. Anda cukup dengan mengunjungi laman bestfirm.com dan screen resolution ditampilkan.

Mengetahui memeriksa screen resolution di Microsoft Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It