Sebagian besar orang memilih untuk membuat dan mengembangkan website untuk pertama kali di web server lokal dibandingkan langsung menyewa di web server hosting. Di awal pembuatan dan pengembangan dapat dikatakan bahwa website tersebut belum siap untuk online. Sebagaimana web hosting, membuat dan mengembangkan website di komputer juga memerlukan lingkungan pengembangan web yang dikenal dengan web server lokal.

Untuk membuat web server lokal di komputer, ada banyak pilihan platform yang bisa digunakan. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah WampServer. Platform ini dibuat khusus untuk Microsoft Windows dan sudah memiliki komponen software yang terdiri dari Apache HTTP, PHP, MySQL, MariaDB dan phpMyAdmin. Dengan platform ini, Anda dapat membuat web berbasis PHP dengan web server Apache.

Merubah Editor Teks Default Di WampServer

Ketika Anda sedang menginstal WampServer di komputer Windows, ada proses dimana Anda diminta untuk menentukan editor teks default. Bila Anda tidak menentukan editor teks lain, WampServer akan menggunakan Microsoft Notepad (notepad.exe) sebagai editor teks. Notepad inilah yang digunakan WampServer untuk membuka file teks (.txt).

Merubah Editor Teks Default Di WampServer

Terkadang, membaca file teks di Notepad cukup menyulitkan. Notepad cenderung menampilkannya dalam satu baris dan tidak per baris. Itulah sebabnya banyak pengguna WampServer yang memilih menggunakan editor teks lain. Meskipun Anda telah selesai menginstal WampServer di Windows, Anda masih mungkin untuk merubah Notepad dengan editor teks lainnya seperti Notepad++ atau Adobe Dreamweaver. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel terkait:

Jalankan terlebih dahulu File Explorer, arahkan ke path C:\wamp64 (1), klik kanan mouse tepat di file wampmanager.conf (2) untuk menampilkan menu pintas dan untuk merubah file ini, buka di editor teks Nopepad++ (3).

Merubah Editor Teks Default Di WampServer

File wampmanager.conf dibuka di editor teks Notepad++. Di baris nomor 13, Anda dapat melihat path Notepad (notepad.exe) yaitu editor teks yang digunakan WampServer. Anda dapat mengganti editor teks default ini dengan merubah path menjadi path editor teks lain yang Anda inginkan, misalnya Notepad++.

Merubah Editor Teks Default Di WampServer

Untuk mendapatkan path notepad.exe, jalankan File Explorer, arahkan ke folder Notepad++ (1), cari file notepad++.exe (2), sambil menekan tombol keyboard Shift, klik kanan mouse tepat di file notepad++.exe untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Copy as path (3).

Merubah Editor Teks Default Di WampServer

Di editor text Notepad++, rubah path Notepad menjadi path Notepad++ (1) dan kemudian simpan dengan mengklik tombol Save (2).

Merubah Editor Teks Default Di WampServer

Untuk melihat hasilnya, keluar (exit) terlebih dahulu dari WampServer dan kemudian jalankan kembali WampServer. Sekarang, setiap Anda membuka file teks di WampServer, Editor teks Notepad++ yang digunakan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner