Cara mengetahui prosesor (CPU) 32-bit atau 4-bit

Di dunia komputer, ada dua tipe prosesor (CPU) yaitu prosesor 32-bit (x86) dan 64-bit (x64). Tipe prosesor ini kemudian menentukan versi sistem operasi yang bisa diinstal. Tipe prosesor 64-bit mendukung sistem operasi 32-bit dan 64-bit, sedangkan tipe prosesor 32-bit hanya mendukung sistem operasi 32-bit. Biasanya, komputer dengan tipe prosesor 64-bit memiliki spesifikasi lebih tinggi, terutama pada RAM.

Bila Anda membeli komputer dengan prosesor 64-bit, Anda dapat menginstal Microsoft Windows 32-bit atau 64-bit. Bila tipe prosesor adalah 32-bit, Anda hanya bisa menginstal Microsoft Windows 32-bit. Demikian juga dengan program atau aplikasi, Anda dapat menginstal program 32-bit atau 64-bit di Microsoft Windows 64-bit, namun Anda hanya dapat menginstal program 32-bit di Microsoft Windows 32-bit.

Baca artikel Mengidentifikasi Generasi Prosesor Intel

Lalu, bagaimana mengetahui tipe prosesor (CPU) komputer 32-bit atau 64-bit? Ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Anda bisa mengetahui tipe prosesor melalui Cotrol Panel, Registry Editor, Windows Settings atau mengggunakan command line Command Prompt.

Baca artikel:

1. Melalui Control Panel.

Anda dapat mengetahui tipe prosesor melalui Control Panel. Ketik control panel di kotak pencarian (serach box) yang ada di samping kanan tombol Start dan tekan Enter. Di jendela Control Panel yang muncul, navigasi ke System and Security - System. Di System type di kelompok System, Anda dapat melihat tipe prosesor yaitu 64-bit.

Cara mengetahui prosesor (CPU) 32-bit atau 64-bit di Microsoft Windows

2. Melalui Registry Editor.

Anda dapat mengetahui tipe prosesor melalui Registry Editor. Tekan kombinasi tombol keyboard Windows+R untuk membuka kotak dialog Run, ketik regedit dan klik tombol OK atau tekan Enter. Di jendela Registry Editor yang muncul, navigasi ke path yang ada di bawah ini. Nampak di jendela Registry Editor, Identifier pada kolom Name berisi data Intel64 yang berarti tipe prosesor adalah 64-bit.

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\CentralProcessor\0

Cara mengetahui prosesor (CPU) 32-bit atau 64-bit di Microsoft Windows

3. Melalui Windows Settings.

Anda dapat mengetahui tipe prosesor melalui Windows Settings. Klik tombol Start, kemudian klik ikon Settings dan selanjutnya pilih System (Display, sound, notifications, power). Di jendela yang terbuka, klik tab About (1), di System type di kelompok Device Specifications, dapat dilihat tipe prosesor adalah 64-bit (2).

Cara mengetahui prosesor (CPU) 32-bit atau 64-bit di Microsoft Windows

4. Melalui command line Command Prompt.

Command Prompt adalah aplikasi baris perintah bawaan Microsoft Windows. Command Prompt dapat mengeksekusi baris perintah (command line) dengan cepat. Untuk menjalankan Command Prompt ada beberapa cara. Anda dapat membaca berbagai cara tersebut melalui artikel Mengakses Atau Menjalankan Command Prompt Di Windows 10

Untuk mengetahui tipe prosesor (CPU) komputer melalui command line Command Prompt, Anda dapat mengetikkan perintah echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE%. Di jendela Command Prompt yang terbuka, ketikkan perintah echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE% dan tekan tombol keyboard Enter. Jika hasil eksekusi menampilkan AMD64, tipe prosesor adalah 64-bit, jika menampilkan x86, tipe prosesor adalah 32-bit.

Cara mengetahui prosesor (CPU) 32-bit atau 64-bit di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It