Banyak pengguna hanya memanfaatkan Microsoft Excel untuk membuat tabel data sederhana agar lebih rapi tanpa ada operasi data lanjutan. Sebenarnya, kemampuan utama Microsoft Excel ada pada pengolahan data dengan memanfaatkan formula atau fungsi. Ada banyak jenis data yang dapat diolah, salah satunya adalah string atau teks. Microsoft Excel mempunyai beberapa fungsi yang masuk kategori fungsi-fungsi string.

Salah satu fungsi yang masuk kategori fungsi-fungsi string dan cukup sering digunakan di Microsoft Excel adalah LOWER. Fungsi LOWER digunakan untuk mengkonversi text (teks) atau string menjadi huruf kecil. Fungsi LOWER akan mengembalikan (return) teks atau string yang telah dirubah ke huruf kecil semua. Berikut ini adalah sintaksis penulisan fungsi LOWER di Microsoft Excel:

   =LOWER(text)

text adalah teks atau string yang akan dirubah (dikonversi) ke huruf kecil semua. Berikut ini adalah contoh penggunaan fung LOWER di Microsoft Office Excel.

1. Penerapan fungsi LOWER.

Menggunakan fungsi lower di Excel

2. Hasil fungsi LOWER.

Menggunakan fungsi lower di Excel

Di excel, Anda dapat memberi argumen text berupa alamat sel (cell address) yang berisi teks atau string yang akan dikonversi ke huruf kecil atau menuliskan teks atau string tersebut langsung dengan diapit tanda petik dua (“). Fungsi LOWER ini berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010 dan Excel 2013.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner