12 Cara Membuka Settings Di Microsoft Windows 10

Settings atau Windows Settings adalah aplikasi yang sudah menjadi bagian dari Microsoft Windows. Aplikasi Settings pertama kali diperkenalkan di Windows 8 dengan nama PC Settings dan disertakan di Windows 8.1 dan Windows 10. Aplikasi Settings dimaksudkan untuk menjadi pengganti Control Panel yang secara perlahan mulai ditarik kembali. Saat ini, aplikasi Settings sudah semakin lengkap dengan banyak opsi pengaturan.

Aplikasi Settings menyediakan akses memusat untuk menyesuaikan, mengkonfigurasi dan memperbarui Microsoft Windows. Aplikasi Setting juga menawarkan kemudahan bekerja lebih baik dengan mouse, keyboard dan input layar sentuh. Di aplikasi Settings, Anda dapat menginstal perangkat, mengubah bahasa keyboard, wallpaper desktop, melakukan update Windows, menyesuaikan pengaturan privasi, melakukan pengaturan Windows dan sebagainya.

Sebagai akses utama ke pengaturan Microsoft Windows, Anda tentu akan cukup sering membuka aplikasi Settings di Windows 10. Umumnya, untuk membuka aplikasi Settings, pengguna Windows akan mengklik Start Menu dan kemudian memilih Settings. Sebenarnya, ada banyak cara berbeda untuk membuka aplikasi Settings. Berikut ini adalah 12 cara berbeda membuka aplikasi Settings di Windows 10:

1. Melalui pintasan keyboard.

Ini adalah cara mudah dan cepat untuk membuka aplikasi Settings. Pengguna Windows 10 yang sering membuka aplikasi Settings tahu pintasan keyboard ini. Untuk membuka aplikasi Settings dengan pintasan keyboard, tekan bersama-sama tombol Windows + I.

Baca artikel 3 Cara Reset Keyboard Ke Pengaturan Default

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

2. Melalui tombol Start Menu.

Ini adalah cara yang paling umum digunakan karena dapat diakses dengan cukup mudah. Untuk membuka aplikasi Settings, klik tombol Start Menu (1) dan kemudian pilih Setting (2) dengan ikon gear.

Baca artikel:

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

3. Melalui menu WinX.

WinX adalah fitur baru yang diperkenalkan di Windows 8. Microsoft sendiri tidak memiliki nama resmi untuk fitur ini. Penggiat IT kemudian memberi nama WinX karena dapat diakses melalui pintasan keyboard Windows + X. Untuk membuka aplikasi Settings melalui menu WinX, gunakan pintasan keyboard Windows + X atau klik kanan di tombol Start Menu (1) untuk menampilkan menu WinX dan kemudian pilih Settings (2).

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

4. Melalui File Explorer.

File Explorer adalah aplikasi untuk mengelola file dan folder di Microsoft Windows. Melalui File Explorer ini, Anda juga dapat membuka aplikasi Settings. Untuk membuka aplikasi Settings, buka atau jalankan File Explorer terlebih dahulu, di bilah sebelah kiri, klik This PC (1) dan pada pita (ribbon) File Explorer di posisi atas, di tab Computer, klik tombol Open Settings (2).

Baca artikel:

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

5. Melalui Command Prompt.

Command Prompt adalah salah satu tool yang powerful di Windows untuk mengeksekusi baris perintah. Anda dapat menggunakan Command Promtp untuk mengotomasi tugas melalui skrip atau batch file. Untuk membuka aplikasi Settings melalui Command Prompt, buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu, ketik perintah start ms-settings: dan kemudian tekan tombol Enter.

Baca artikel:

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

6. Melalui kotak dialog Run.

Kotak dialog Run adalah fitur Windows yang menyediakan akses super cepat ke program, folder, dokumen dan sumber daya lain jika mengetahui perintah untuk membuka atau menjalankannya. Untuk membuka aplikasi Settings melalui kotak dialog Run, buka terlebih dahulu kotak dialog Run melalui pintasan keyboard Windows + R, ketik ms-settings: (1) dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

7. Melalui Action Center.

Action Center adalah tempat terpadu untuk semua notifikasi sistem dan akses cepat ke berbagai pengaturan (settings). Untuk membuka aplikasi Settings melalui Action Center, klik ikon Action Center (1) yang ada di posisi paling kanan dari taskbar atau gunakan pintasan keyboard Windows + A dan kemudian pilih All Settings (2).

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

8. Melalui kotak pencarian Windows.

Kotak pencarian Windows atau Windows search box adalah fitur pencarian desktop untuk Microsoft Windows. Karena mengindeks semua item di komputer, Anda dapat menggunakan kotak pencarian Windows untuk menemukan dengan cepat berbagai item seperti dokumen, gambar, musik, aplikasi yang diinstal, item pengaturan sistem dan Control Panel.

Untuk membuka aplikasi Settings melalui kotak pencarian Windows, klik ikon Search (1) yang ada di taskbar atau gunakan pintasan keyboard Windows + S untuk membuka jendela Windows search, ketik Settings (2) di kotak teks (text box) dan dari hasil pencarian, klik aplikasi Settings (3).

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

9. Melalui daftar aplikasi di Start Menu.

Mengklik tombol Start Menu (1) akan menampilkan daftar aplikasi. Di daftar aplikasi yang pajang ini terdapat aplikasi Settings. Anda dapat mengulung ke bawah sampai ke daftar aplikasi yang dimulai dengan huruf S dan kemudian klik atau pilih aplikasi Settings (2).

Baca artikel:

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

10. Membuat pintasan aplikasi Settings di desktop.

Pintasan (shortcut) di desktop adalah cara yang cepat untuk membuka atau menjalankan aplikasi. Anda dapat membuat sebuah pintasan di desktop Windows untuk aplikasi Settings. Ketika komputer Windows dihidupkan, Anda akan berada di area desktop. Untuk membuka aplikasi Settings, cukup klik ganda (double clicks) pintasan aplikasi Settings di desktop tersebut.

Baca artikel:

Untuk membuat pintasan aplikasi Settings di desktop, klik kanan di area kosong desktop untuk menampilkan menu pintas, pilih New dan kemudian Shortcut. Di kotak dialog Create Shortcut yang muncul, ketik ms-settings: (1) di kotak teks Type the location of the item dan kemudian klik tombol Next (2).

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

Berikutnya, beri nama untuk pintasan (shortcut) yang dibuat, misalnya ketik Settings (1) di kotak teks Type a name for this shortcut dan kemudian klik tombol Finish (2). Pintasan (shortcut) aplikasi Settings di desktop telah selesai dibuat.

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

11. Melalui menu pintas di taskbar.

Taskbar Windows juga bisa digunakan untuk membuka aplikasi Settings cukup cepat. Untuk membuka aplikasi Settings melalui taskbar, klik kanan tempat di area kosong taskbar utuk menampilkan menu pintas (shortcut) dan kemudian pilih Taskbar settings.

Baca artikel:

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

Di jendela Windows Settings untuk pengaturan taskbar (taskbar settings) yang muncul, klik Home yang ada di sudut kiri atas jendela.

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

12. Melalui menu pintas di dekstop.

Sebagaimana melalui menu pintas di taskbar, Anda juga dapat membuka aplikasi Settings dengan cukup cepat melalui menu pintas (shortcut) di desktop Windows. Klik kanan di area kosong desktop untuk menampikan menu pintas dan kemudian pilih Display settings atau Personalize, misalnya memilih Display settings.

Baca artikel:

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10

Di jendela Windows Settings untuk Display settings yang muncul, klik Home yang ada di sudut kiri atas jendela.

Cara membuka aplikasi Settings di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It