Kekuatan utama aplikasi Microsoft Excel terletak pada formula dan fungsi untuk mengelola data. Anda dapat membuat formula sendiri atau mengkombinasikan dengan fungsi bawaan (built-in function) Microsoft Excel untuk mengelola data. Microsoft Excel mempunyai banyak sekali fungsi yang dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori seperti fungsi Logika, Trigonometri, Tanggal/Waktu, String dan lain sebagainya.

UPPER adalah salah satu fungsi Microsoft Excel yang masuk ke kategori fungsi-fungsi String. UPPER digunakan untuk mengkonversi teks atau string menjadi huruf kapital (huruf besar). Fungsi UPPER akan mengembalikan (return) teks atau string yang telah dirubah ke huruf kapital semua. Berikut ini adalah sintaksis penulisan fungsi UPPER di Microsoft Excel:

   =UPPER(text)

text adalah teks atau string yang akan dirubah atau dikonversi ke huruf kapital. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi UPPER di Microsoft Office Excel.

1. Penerapan fungsi UPPER.

Menggunakan fungsi upper() di Excel

2. Hasil fungsi UPPER.

Menggunakan fungsi upper() di Excel

Di Excel, Anda dapat memberi argumen text berupa alamat sel (cell address) yang berisi teks atau string yang akan dikonversi ke huruf kapital atau menuliskan teks atau string tersebut langsung dengan diapit tanda petik dua (“). Fungsi UPPER ini berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010 dan Excel 2013.