Berhenti menampilkan start screen Microsoft Excel
Berhenti Menampilkan Atau Menonaktifkan Start Screen Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet untuk pengelolaan data dan operasi analisis. Microsoft Excel memiliki antarmuka yang user-friendly dengan banyak tool dan opsi untuk meningkatkan produktivitas dan mempermudah operasi. Ada banyak elemen di Excel yang juga dapat dikustomisasi untuk disesuaikan dengan keinginan Anda.

Jika Anda sering menggunakan Microsoft Excel, Anda mungkin sudah tidak asing dengan layar pertama yang terbuka ketika Excel dijalankan. Layar pertama ini disebut dengan Start Screen yang berisi daftar dokumen terakhir yang Anda kerjakan dan template untuk dipilih. Start screen adalah salah satu elemen di Excel yang dapat dikustomisasi.

Tidak semua aplikasi di Microsoft Office Suites memiliki atau dapat mengkustomisasi start screen. Start screen ada di Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Visio, dan Project. Microsoft Outlook dan OneNote sendiri tidak menggunakan start screen. Untuk beberapa alasan, Anda tidak bisa mengkustomisasi untuk menonaktifkan start screen di Microsoft Access.

Untuk sebagian pengguna Excel, start screen dianggap memberikan manfaat karena dapat memilih template yang ingin digunakan atau melanjutkan pekerjaan di dokumen terakhir yang dikerjakan. Untuk sebagian pengguna lain, mungkin lebih memilih untuk berhenti menampilkan atau menonaktifkan start screen. Ini terutama menjadi opsi untuk pengguna yang lebih suka langsung membuat dokumen baru dan kosong.

Bila Anda memilih untuk berhenti menampilkan atau menonaktifkan start screen di Microsoft Excel, berikut ini adalah caranya:

Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Excel, di layar pertama yang muncul, klik tombol Options yang berada di bagian kiri bawah.

Menonaktifkan berhenti menampilkan start screen Microsoft Excel

Di kotak dialog Excel Options yang muncul, pastikan Anda tetap berada di tab General (1), di bagian Start up options, hilangkan tanda centang dari kotak centang Show the Start screen when this application starts (2), dan kemudian klik tombol OK (3).

Berhenti menampilkan menonaktifkan start screen Microsoft Excel

Mulai sekarang, saat menjalankan aplikasi aplikasi Microsoft Excel, Anda langsung disuguhkan workbook atau dokumen kosong yang terbuka. Berhenti menampilkan atau menonaktifkan start screen akan menghemat waktu beberapa detik. Namun, jika Anda sering membuka dokumen baru dan jarang menggunakan template, ini akan sangat berguna.

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It