Ada beberapa format gambar populer yang digunakan untuk halaman web (web page) yaitu JPG (JPEG), PNG dan GIF. Di antara ketiga format gambar tersebut, JPG dan PNG adalah dua format gambar yang paling sering digunakan. Menyimpan gambar dari halaman web ke hard drive komputer cukup mudah, Anda tinggal klik kanan (right click) gambar dan kemudian memilih Save image as dari menu pintas yang muncul.

Anda sudah merasa pasti bahwa gambar tersebut memiliki format JPG (JPEG) atau PNG sebagaimana umumnya, namun nyatanya memiliki format lain yaitu WebP, format gambar yang dianggap aneh karena baru mengetahuinya. Anda semakin bertambah bingung karena tidak semua aplikasi, termasuk Adobe Photoshop dapat membuka atau mengenali format gambar ini. Lalu apa format gambar WebP itu?

Baca artikel:

WebP adalah format gambar sumber terbuka yang diperkenalkan Google pada tahun 2010. WebP adalah format gambar modern yang menyediakan kompresi lossless dan lossy untuk gambar di web. Gambar lossless WebP berukuran 26% lebih kecil dari gambar PNG. Gambar lossy WebP berukuran 25-34% lebih kecil dari gambar JPEG pada indeks kualitas SSIM yang setara.

Baca artikel:

Penggunaan format WebP yang lebih kecil dalam ukuran diharapkan akan membutuhkan sedikit bandwidth dan dengan demikian halaman web dapat dimuat lebih cepat. WebP secara native didukung di browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan Opera. Apple Safari juga sudah membuka tangan pada inisiatif Google untuk format gambar modern ini.

Lalu, bagaimana jika gambar yang Anda inginkan dan kemudian simpan dari halaman web ternyata berformat WebP? Jika Anda pengguna Windows, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Paint untuk mengkonversi format gambar WebP ke JPG (JPEG) atau PNG. Anda tidak perlu layanan konversi online seperti Online Convert atau Zamzar.

Berikut ini adalah cara mengkonversi format gambar WebP ke JPG (JPEG) atau PNG di Microsoft Windows:

Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Pain dan kemudian buka gambar format WebP yang ingin dikonversi ke format gambar JPG (JPEG) atau PNG. Di bagian atas, Anda dapat memperhatikan atau melihat nama file gambar dengan format Webp (menggunakan ekstensi .webp).

Mengkonversi gambar format Webp ke JPG JPEG atau PNG

Untuk mengkonversi gambar format Webp ke format JPG (JPEG) atau PNG di Microsoft Paint, klik menu File (1), pilih submenu Save as (2). Di sini, Microsoft Paint menampilkan opsi format gambar lainnya. Untuk mengkonversi ke format PNG, pilih atau klik PNG picture (3). Bila ingin mengkonversi ke format JPG (JPEG), pilih JPEG picture (4).

Mengkonversi gambar format Webp ke JPG JPEG atau PNG

Sebagai contoh mengkonversi gambar format WebP ke format PNG, di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder (1) penyimpanan, beri nama file hasil konversi (2) atau gunakan nama file sumber sebelumnya dan kemudian klik tombol Save (3) untuk menyimpan.

Mengkonversi gambar format Webp ke JPG JPEG atau PNG
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It