Microsoft Excel adalah aplikasi khusus untuk mengolah atau memanipulasi data. Area kerja Microsoft Excel terdiri atas baris dan kolom. Data di Microsoft Excel diletakkan di dalam sel (cell) yang merupakan perpotongan antara baris dan kolom. Ada bebera jenis data yang dapat digunakan di Microsoft Excel seperti teks atau string, angka, tanggal dan waktu. Namun jenis data yang paling umum dijumpai adalah teks dan angka.

Microsof Excel memiliki banyak fungsi bawaan (built-in function) untuk setiap jenis data. Salah satu fungsi yang cukup sering digunakan dan berfungsi untuk memanipulasi teks atau string adalah fungsi REPLACE. Fungsi REPLACE digunakan untuk mengganti sebagian atau keseluruhan teks atau string dengan teks atau string lain. Fungsi REPLACE seharusnya mengembalikan (return) teks atau string yang berbeda dengan teks atau string sebelumnya. Berikut ini adalah sintaksis fungsi REPLACE di Microsoft Excel:

   REPLACE(old_text, start_num, num_char, new_text)

old_text adalah teks atau string yang sebagian atau keseluruhannya ingin diganti, start_num menetapkan posisi karakter pertama di dalam old_teks yang ingin diganti, num_char menetapkan jumlah karakter dari old_teks yang ingin diganti, dan new_teks merupakan teks atau string pengganti. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi REPLACE di Microsoft Excel.

1. Penerapan fungsi REPLACE.

Menggunakan rungsi replace di Excel

2. Hasil Fungsi REPLACE.

Menggunakan rungsi replace di Excel

Di excel, Anda dapat memberi argumen old_text, new_text berupa alamat sel (cell address) yang berisi teks atau string atau menuliskan teks atau string tersebut langsung dengan diapit tanda petik dua (“). Fungsi REPLACE ini berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010, dan Excel 2013.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It