Anda mungkin pernah dihadapkan pada data Microsoft Excel yang sangat besar. Data Excel akan merentang ke kanan dengan banyak kolom dan juga akan menurun ke bawah dengan banyak baris. Bagaimana seandainya Anda diminta untuk menganalisa data tertentu yang ada di Excel tersebut. Anda tentu akan disibukkan dengan mengeser data ke kanan dan ke kiri serta ke bawah dan ke atas untuk menganalisa data tersebut.

Anda mungkin akan lebih mudah menganalisa data dengan menyembunyikan bagian data yang tidak dianalisa. Di Excel, menyembunyikan data yang tidak digunakan untuk sementara waktu yang terdapat di kolom atau baris tertentu adalah hal biasa. Kolom atau baris Excel yang disembunyikan tidak akan hilang dan dapat tampilkan kembali bila diperlukan.

Menyembunyika kolom atau baris di Excel tidak sulit. Anda perlu menyeleksi kolom atau baris yang akan disembunyikan. Untuk menyeleksi banyak kolom atau baris berurutan, gunakan tombol keyboard Shift dan klik heading kolom atau baris pertama dan kemudian klik heading kolom atau baris terakhir. Untuk menyeleksi banyak kolom atau baris yang tidak berurutan, gunakan tombol keyboard Ctrl dan kemudian klik heading kolom atau baris yang diinginkan.

1. Menyembunyikan kolom Excel.

Untuk menyembunyikan kolom Excel, seleksi dulu kolom yang ingin disembunyikan melalui heading kolom, klik kanan pada kolom yang diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shorcut menus) dan kemudian pilih Hide.

Cara menyembunyikan kolom atau baris di Microsoft Excel

Anda juga dapat menyembunyikan kolom Excel melalui tombol Format. Pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok Cells, klik tombol Format (1), pilih Hide & Unhide (2) dan kemudian pilih Hide Columns (3).

Cara menyembunyikan kolom atau baris di Microsoft Excel

Anda juga dapat menyembunyikan kolom menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut). Seleksi terlebih dahulu kolom yang ingin disembunyikan dan gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+0.

2. Menyembunyikan Baris Excel.

Untuk menyembunyikan baris Excel, seleksi dulu baris yang ingin disembunyikan melalui heading baris, klik kanan pada baris yang diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shorcut menus) dan kemudian pilih Hide.

Cara menyembunyikan kolom atau baris di Microsoft Excel

Anda juga dapat menyembunyikan baris Excel melalui tombol Format. Pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok Cells, klik tombol Format (1), pilih Hide & Unhide (2) dan kemudian pilih Hide Rows (3).

Cara menyembunyikan kolom atau baris di Microsoft Excel

Anda juga dapat menyembunyikan baris menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut). Seleksi terlebih dahulu baris yang ingin disembunyikan dan gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+9.

3. Menampilkan kembali kolom atau baris Excel yang tersembunyi.

Untuk menampilkan kembali kolom atau baris atau beberapa kolom atau baris berurutan, seleksi mulai dari kolom atau baris sebelum kolom atau baris pertama yang disembunyikan sampai dengan kolom atau baris setelah kolom atau baris terakhir yang disembunyikan. Bila ingin menampilkan semua kolom atau baris yang disembunyikan, seleksi semua kolom dan baris (worksheet) Excel menggunakan pintasan keyboard Ctrl+A.

Pastikan Anda berada telah berada di tab Home, di kelompok Cells, klik tombol Format (1), pilih Hide & Unhide (2) dan kemudian pilih Unhide Rows atau Unhide Columns (3).

Cara menyembunyikan kolom atau baris di Microsoft Excel

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It