Bila Anda membuat dokumen menggunakan aplikasi OpenOffice Writer dan menyimpannya, maka secara standar dokumen tersebut akan disimpan menggunakan ekstensi .odt (ODF Text Document). Walaupun ekstensi ini adalah juga dokumen teks sebagaimana ekstensi .doc di Microsoft Office Word, dokumen dengan ekstensi .odt hanya dapat dibuka menggunakan OpenOffice Writer.

Ada saat dimana Anda hanya mempunyai pilihan untuk menggunakan OpenOffice Writer untuk membuat dokumen, misalnya komputer hanya memiliki aplikasi OpenOffice dan tidak memiliki aplikasi Microsoft Office seperti komputer pada umumnya. Namun Anda tidak perlu kawatir, OpenOffice Writer memiliki kemampuan untuk menyimpan dokumen dengan ekstensi doc.

Dengan menyimpan dokumen yang dibuat di OpenOffice Writer menggunakan ekstensi doc, Anda nantinya dapat membuka di aplikasi Microsoft Office Word 97, 2000 atau XP. Ini adalah salah satu fleksibilitas yang ditawarkan aplikasi OpenOffice sebagai office suite sumber terbuka (open source). Anda juga dapat melakukan pengaturan agar dokumen yang dibuat di OpenOffice Writer disimpan secara otomatis menggunakan ekstensi doc.

Menyimpan dokumen OpenOffice.org Writer menggunakan ekstensi doc secara otomatis

Untuk mengatur agar secara standar dokumen OpenOffice.org Writer disimpan menggunakan ekstensi .doc, pertama-tama jalankan terlebih dahulu aplikasi OpenOffice.org Writer, pilih atau klik menu Tools dan kemudian pilih submenu Options...

Menyimpan dokumen OpenOffice.org Writer menggunakan ekstensi doc secara otomatis

Di area sebelah kiri dari kotak dialog Options - Load/Save - General yang muncul, klik tanda plus (+) dari Load/Save dan kemudian pilih General (1). Di area sebelah kanan, di kotak pilihan drop-down (combo box) berlabel Always save as, pilih Microsoft Word 97/2000/XP (2). Klik tombol OK untuk mengakhiri dan penyimpan perubahan.

Menyimpan dokumen OpenOffice.org Writer menggunakan ekstensi doc secara otomatis

Untuk memastikan bahwa pengaturan di atas telah berhasil, buat atau buka dokumen menggunakan OpenOffice.org Writer, klik menu File dan kemudian pilih submenu Save As... Dari kotak dialog Save As yang muncul, Anda dapat memperhatikan bahwa standar ekstensi file yang digunakan telah berubah menjadi Microsoft Word 97/2000/XP (.doc).

Menyimpan dokumen OpenOffice.org Writer menggunakan ekstensi doc secara otomatis

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner