Joomla adalah salah satu Content Management System (CMS) open source yang terus mengalami perkembangan pesat dalam jumlah pemakai dan fiturnya. Joomla memiliki antar muka (interface) yang bagus, baik untuk area backend maupun frontend. Didukung banyak pengembang ekstensi, baik template, component, module dan plugin, menjadikan Joomla sebagai CMS pilihan untuk membuat berbagai tipe website dan aplikasi web.

Salah satu fitur penting di CMS Joomla adalah keberadaan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get). Editor WYSIWYG berperan untuk membuat artikel yang menjadi konten utama website Joomla. Ketika telah selesai menginstal Joomla, Anda mendapatkan tiga editor bawaan. Editor-editor tersebut adalah TinyMCE, None dan CodeMirror. TinyMCE menjadi editor default di Joomla.

Baca artikel terkait: Cara Mengganti Editor Default Di CMS Joomla 3.1

Editor TinyMCE sudah dianggap cukup untuk membuat artikel dengan berbagai fungsi penyisipan file media seperti gambar, suara, video dan juga film, sedangkan untuk editor None dan CodeMirror tidak mendukung fungsi selengkap TinyMCE. Untuk menggunakan editor None dan CodeMirror, Anda perlu mengerti dan paham menulis dalam bentuk script HTML.

Artikel menarik lainnya:

Umumnya, setiap editor WYSIWYG memiliki kemiripan fungsi meskipun tetap saja ada kelebihan dan kekurangan antara yang satu dengan yang lain. Bila Anda belum merasa cukup dengan ketiga editor bawaan Joomla, Anda dapat menambahkan editor lain dari pihak ketiga seperti editor JCK, JoomlaCK atau JCE. Melalui area backend (administrator) Joomla, Anda dapat mengaktifkan salah satu editor sebagai editor default.

Anda dapat memperhatikan bahwa gambar di bawah ini adalah editor TinyMCE, editor bawaan dan default yang digunakan CMS Joomla.

Cara mengganti editor default di CMS Joomla

Untuk mengganti ke editor default di Joomla, masuk terlebih dahulu ke area administrator (panel admin) Joomla dengan mengklik menu System (1) dan kemudian memilih submenu Global Configuration (2).

Cara mengganti editor default di CMS Joomla

Di area Global Configuration, pastikan Anda berada di tab site (1), dari kotak daftar tarik turun (drop down) berlabel Default Editor, pilih editor yang diinginkan, misalnya Editor - JCE (2) dan kemudian simpan perubahan dengan mengklik tombol Save & Close (3).

Cara mengganti editor default di CMS Joomla

Ketika Anda membuat artikel baru untuk website Joomla, editor default CMS Joomla telah berubah menjadi editor JCE.

Cara mengganti editor default di CMS Joomla

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner