Menghapus Atau Menonaktifkan Thumbnail Cache Di Windows

Thumbnail adalah representasi gambar kecil dari gambar yang jauh lebih besar agar lebih mudah dan cepat untuk dilihat atau dikelola. Thumbnail bermanfaat untuk menghemat ruang layar dan memungkinkan untuk melihat banyak gambar sekaligus. Microsoft Windows menyimpan thumbnail cache untuk semua foto, gambar, klip video, film dan konten media lainnya di cache database.

Cache databace untuk Micosoft Windows 7 adalah thumbs.db, sedangkan untuk Microsoft Windows 8 dan versi Microsoft Windows di atasnya adalah thumbcache_xxx.db. Secara default, cache database ini tersembunyi (hidden) kecuali Anda telah mengubah pengaturan di kotak dialog Folder Options untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi.

Ketika Anda membuka folder di Windows Explorer (Windows 7 dan versi sebelumnya) atau File Explorer (Windows 8 atau versi sesudahnya), thumbnail sebagai perwakilan dari gambar yang sebenarnya akan ditampilkan lebih cepat. Thumbnail sangat membantu dalam memuat folder di Windows Explorer atau File Explorer ketika hard drive komputer lambat.

Baca artikel Menavigasi Halaman Dokumen Microsoft Word Dengan Thumbnail

Di sisi lain, Anda juga perlu untuk menghapus thumbnail apabila ini menyangkut privasi, misalnya Anda sudah menghapus gambar yang tidak ingin dilihat orang lain sementara thumbnail masih menyimpan informasi atau blueprint gambar yang dihapus. Menghapus thumbnail tidak akan menyebabkan masalah pada windows karena thumbnail akan dibuat kembali jika diperlukan.

Baca artikel Membersihkan Dan Menyetel Ulang Cache Windows Store Di Windows 10

Alternatif lainnya adalah dengan menonaktifkan thumbnail cache. Namun pilihan ini dapat memperlambat kecepatan memuat folder. Anda tidak disarankan menggunakan cara ini bila hard drive komputer lambat dan di dalam folder terdapat banyak sekali gambar atau video. Berikut ini adalah cara untuk menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Microsoft Windows:

1. Menghapus thumbnail cache di Windows.

Klik kanan tombol Start Menu yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih (klik) Search.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di kotak pencarian (search box) yang muncul ketik "disk cleanup" dan kemudian pilih atau klik Disk Cleanup dari hasil daftar pencarian.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Untuk menghapus thumbnail cache, di kotak dialog Disk Cleanup for (C:) yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) Thumbnails dan kemudian klik tombol OK.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

2. Menonaktifkan thumbnail cache di Windows.

Klik kanan tombol Start Menu yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih (klik) Control Panel.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di jendela Control Panel yang muncul, klik tautan Appearance and Personalization.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di jendela Appearance and Personalization yang muncul, klik tautan Folder Options.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di kotak dialog Folder Options yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) Always show icons, never thumbnails dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Apply dan OK.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It