Selain menyediakan layanan akses internet untuk korporasi, banyak ISP (Internet Service Provider) juga menyediakan layanan akses internet untuk pribadi dengan biaya terjangkau. Bila Anda telah berlanganan layanan akses internet dari salah satu ISP, Anda mungkin merasakan bahwa akhir-akhir ini kecepatan akses internet dari jaringan Wi-Fi Anda menurun. Ada beberapa faktor penyebab menurunnya kecepatan akses internet.

Anda terkoneksi ke internet yang disediakan ISP melalui Access Point (Wireless router atau Wi-Fi). Wi-Fi adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio. Bila Wi-Fi yang Anda gunakan berada di area atau tempat yang memiliki banyak jaringan Wi-Fi lain, maka akan ada penurunan kecepatan karena banyaknya lalu lintas. Anda perlu memastikan apakah ini yang benar-benar menjadi penyebab menurunnya kecepatan akses internet.

Baca artikel:

Berikutnya, yang juga dapat menurunkan kecepatan akses internet adalah banyaknya perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. Sebagai pemilik jaringan Wi-Fi, Anda tentu tahu pasti berapa jumlah perangkat yang terhubung. Bila jumlah perangkat yang terkoneksi lebih banyak dari yang seharusnya, maka selebihnya adalah perangkat yang memanfaatkan jaringa Wi-Fi tanpa sepengetahuan Anda.

Anda dapat memblokir perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi Anda berdasarkan MAC address. MAC address adalah angka atau kode unik untuk mengidentifikasi setiap perangkat dalam jaringan komputer. Anda perlu mengetahui MAC address dari perangkat yang Anda izinkan dan kemudian memblokir perangkat lain yang tidak diizinkan berdasarkan MAC address dari perangkat tersebut.

Baca artikel Cara Menemukan MAC Address Di Windows 10

Contoh ini menggunakan router ZTE F660 dari ISP MNC Play Media. Pastikan Anda mengetahui semua perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi dan kemudian catat semua MAC address dari perangkat yang tidak diberi izin untuk terkoneksi ke jaringan Wi-Fi Anda. Jalankan web browser, ketik IP address default dari router ZTE yaitu http://192.168.1.1 dan kemudian tekan tombol Enter.

Di jendela login yang muncul, ketikkan username di kotak teks Username (1), password di kotak teks Password (2) dan kemudian klik tombol Login (3). Bila Anda belum pernah merubah username dan password router ZTE F660, secara default, username dan password adalah sama yaitu user.

Memblokir perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi router ZTE

Di jendela berikutnya yang muncul, klik Network (1), klik WLAN (2) dan kemudian pilih Access Control List (3). Di area sebelah kanan, di kotak drop-down Mode, pilih Block (4), kemudian masukkan MAC address (5) dari perangkat yang ingin diblokir dan selanjutnya klik tombol Add (6).

Memblokir perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi router ZTE

Anda dapat melihat bahwa MAC address dari perangkat yang diblokir telah ditambahkan di daftar blokir. Sekarang, perangkat tersebut sudah diblokir berdasarkan MAC address dan tidak dapat mengakses internet melalui jaringan Wi-Fi Anda.

Memblokir perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi router ZTE

Bila pemilik perangkat merubah MAC address perangkat tersebut, maka perangkat dapat terkoneksi kembali ke jaringan Wi-Fi Anda. Anda perlu memblokir kembali perangkat tersebut berdasarkan pada MAC addres yang baru.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It