Corning memperkenalkan Gorilla Glass Victus

Corning Memperkenalkan Gorilla Glass Victus, Kaca Tahan Gores Generasi Terbaru

Apa jadinya bila smartphone mahal Anda tidak memiliki kaca pelapis tahan gores. Layar smartphone mungkin akan mudah tergores benda runcing atau benda tajam atau mungkin juga pecah ketika tidak sengaja jatuh. Menurut penelitian konsumen, daya tahan terhadap goresan dan jatuh dianggap lebih penting bila dibandingkan dengan fitur-fitur lain pada smartphone seperti ukuran layar, kualitas kamera dan ketipisan perangkat.

Kaca pelapis tahan gores sudah menjadi komponen kunci untuk perangkat portabel seperti smartphone dan menjadi pertimbangan utama ketika akan membeli. Konsumen juga berani untuk membayar lebih mahal untuk daya tahan yang lebih baik. Salah satu produsen kaca tahan gores terkemuka yang produknya telah lama digunakan di banyak perangkat adalah Corning dengan brand produk Gorilla Glass.

Baca artikel Mengenal Gorilla Glass, Kaca Pelapis Tahan Gores Perangkat Portabel

Beritanya, baru-baru ini, tepatnya 23 Juli 2020, Corning memperkenalkan kaca tahan gores generasi terbaru yang diberi nama Gorilla Glass Victus. Selama dua tahun, sejak dirilis pada Juli 2018, Corning masih bertahan dengan produk Gorilla Glass 6. Terkait nama kaca tahan gores generasi terbaru, Corning nampaknya melakukan pendekatan berbeda dengan tidak lagi menggunakan angka sebagai nama seperti pada generasi sebelumnya.

Corning memperkenalkan Gorilla Glass Victus

Sebagaimana diketahui, sebelum rilis Gorilla Glass Victus, Corning telah merilis Gorilla Glass sebanyak 6 generasi, mulai dari Gorilla Glass 1 sampai dengan Gorilla Glass 6. Di tiga generasi Gorilla Glass pertama, Corning memberi fokus pada kaca tahan gores, sedangkan di Gorilla Glass 4 sampai Gorilla Glass 6, Corning memberi fokus pada ketahanan ketika jatuh di atas permukaan yang keras dan kasar.

Gorilla Glass 6 sendiri mampu bertahan jatuh 15 kali berturut-turut dari ketinggian 1 meter. Di Gorilla Glass Victus, Corning tidak hanya berfokus pada ketahanan ketika jatuh, tetapi juga pada goresan. Ini dibuktikan dari uji lab yang menyatakan bahwa Gorilla Glass Victus mampu bertahan ketika jatuh dari ketinggian 2 meter di atas permukaan yang keras dan kasar serta dua kali (2x) lebih tahan gores jika dibandingkan Gorilla Glass 6.

Corning memang bukan satu satunya produsen kaca pelapis tahan gores yang berbahan aluminosilikat. Namun demikian, Gorilla Glass Victus diklaim empat kali (4x) lebih baik jika dibandingkan dengan kaca tahan gores aluminosilikat produk pesaing. Kaca tahan gores aluminosilikat produk pesaing biasanya akan rusak atau pecah bila jatuh dari ketinggian kurang dari 0,8 meter.

Diungkap oleh Corning bahwa Gorilla Glass Victus akan segera hadir pada perangkat flagship Samsung Galaxy sekaligus iPhone. Belum diketahui apakah yang dimaksud adalah Samsung Galaxy Note 20 atau perangkat flagship lain yang berikutnya akan hadir. Kalaupun Samsung menggunakan Gorilla Glass Victus, ini tidak mengherankan lagi karena Samsung adalah mitra pengguna kaca pelapis tahan gores buatan Corning untuk banyak produk perangkat smartphone yang dimilikinya.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It