Download dan install Python di Windows 10
Cara Download Dan Install Python Di Microsoft Windows 10

1. Tentang Python.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman level tinggi (high-level programming language) yang diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1980. Python memiliki sintaksis sederhana, ringkas, lugas, intuitif, dan mudah dipahami. Dengan Python, Anda dapat membuat berbagai tipe aplikasi, dari skala kecil sampai enterprise.

Ada banyak alasan memilih dan mempelajari bahasa pemrograman Python. Python bersifat open source dan gratis, siapa saja dapat mengunduh dan menggunakannya. Python adalah juga bahasa pemrograman lintas platform (cross-platform). Anda membuat aplikasi menggunakan Python di Windows dan dapat menjalankannya di sistem operasi lain seperti Linux dan macOS.

Perusahaan IT seperti Google, Facebook, Spotify, layanan cloud storage Dropbox, dan Neflix menggunakan Python. Permintaan untuk pengembang Python terus meningkat di berbagai industri seperti perbankan, asuransi, keuangan, kesehatan, dan teknologi. Bila Anda ingin sukses meniti karier di bidang teknologi informasi (IT), Anda harus menguasai salah satunya bahasa pemrograman Python.

2. Download Python.

Untuk menguasai bahasa pemrograman Python dengan baik, Anda harus mempelajari dan mempraktekkannya. Sebagai langkah awal, Anda perlu mengunduh (download) Python melalui website resminya. Pastikan Anda mengunduh Python disesuaikan dengan sistem operasi (OS) yang Anda gunakan.

Bila Anda pengguna Windows, Anda harus mengunduh Python versi Windows. Bila Anda pengguna macOS, Anda harus mengunduh Python versi macOS. Bila Anda pengguna Linux, Anda tidak perlu mengunduh Python lagi karena sebagian besar distro Linux sudah menyediakan Python secara default.

Misalnya, Anda adalah pengguna Microsoft Windows 10. Untuk mengunduh (download) Python, kunjungi website resmi Python. Di home page python.org yang muncul, arahkan pointer mouse ke menu Download (1), kemudian ke submenu Windows (2) dan selanjutnya klik tombol Python 3.11.4 (3). Di sini, Anda mengunduh Python versi terbaru.

download dan install Python di Microsoft Windows

Anda juga dapat mengunduh Python melalui halaman Python Releases for Windows. Halaman ini menampilkan berbagai versi Python, baik yang 32-bit maupun yang 64-bit. Sebelum mengunduh, Anda perlu mengetahui apakah menggunakan Windows 32-bit atau 64-bit. Jika Anda menggunakan Windows 64-bit, maka harus mengunduh Python untuk Windows Installer (64-bit), begitu juga sebaliknya.

download dan install Python di Microsoft Windows

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan folder penyimpanan (1) dan kemudian klik tombol Save (2).

download dan install Python di Microsoft Windows

3. Install Python di Windows.

Setelah Anda mengunduh Python dari website resminya, berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasang (install) di Microsoft Windows 10. Cara install Python di Microsoft Windows 10 cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Buka File Explorer Microsoft Windows 10, navigasi ke direktori (1) tempat menyimpan Python yang diunduh sebelumnya dan kemudian klik ganda (double click) file installer Python (2).

download dan install Python di Microsoft Windows

Di kotak dialog Python 3.11.4 (64-bit) Setup yang muncul, pastikan Anda memberi tanda centang di semua kotak centang (check box) yang ada di bagian bawah (1) dan kemudian klik Install Now (2). Memberi tanda centang di kotak centang Add python.exe to PATH berarti membolehkan pengguna menjalankan Python dari Command Prompt.

download dan install Python di Microsoft Windows

Di kotak dialog berikutnya yang muncul, Anda perlu menunggu selama proses install Python di Microsoft Windows 10 berlangsung.

download dan install Python di Microsoft Windows

Proses install Python di Microsoft Windows 10 sudah selesai. Sebelum menutup kotak dialog, klik Disable path length limit. Memilih opsi ini memungkinkan Python melewati batasan file path 260 karakter di Microsoft Windows 10.

download dan install Python di Microsoft Windows

Berikutnya, klik tombol Close untuk menutup kotak dialog. Proses install Python di Microsoft Windows 10 64-bit telah selesai. Kini, Anda sudah dapat menggunakan Python di Microsoft Windows.

download dan install Python di Microsoft Windows
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It