Mengubah Tingkat Pencegahan Pelacakan Di Browser Microsoft Edge Chromium

Baru-baru ini, media online memberitakan bahwa raksasa internet Google digugat untuk membayar ganti rugi 5 miliar dolar AS atas dugaan pengumpulan data privasi pengguna yang salah satunya melalui browser Google Chrome mode incognito. Mode incognito di browser Google Chrome ini bertujuan agar informasi yang terkait aktivitas browsing di web tidak disimpan oleh Google Chrome.

Sejak internet tumbuh pesat, privasi pengguna menjadi hal yang mendapat perhatian serius. Banyak data atau informasi pengguna perlu dilindungi dan diatur penggunaannya. Sebenarnya, data tidak hanya dikumpulkan oleh web browser, tetapi situs yang Anda kunjungi juga memasang pelacak (tracker) untuk mengumpulkan data tentang aktivitas browsing Anda.

Baca artikel Memblokir Aplikasi Tidak Diinginkan Di Microsoft Edge Chromium

Pelacak (tracker) mengumpulkan data tentang interaksi Anda dengan situs. Beberapa pelacak juga mengumpulkan data tentang Anda di beberapa situs. Pelacak dapat melacak ketika Anda berbelanja di situs penjualan online atau ketika Anda membuka portal berita. Segala aktivitas browsing Anda dipantau atau diawasi.

Baca artikel:

Browser Microsoft Edge baru berbasis Chromium mungkin lebih baik bila terkait masalah privasi pengguna. Microsoft Edge Chromium berjajnji untuk memberi perlindungan, transparansi, kontrol dan penghormatan yang sepatutnya Anda terima sebagaimana yang tercantum dalam Privacy Whitepaper yang memberi pemahaman bagaimana data Anda digunakan.

Browser Microsoft Edge baru berbasis Chromium didesain untuk mampu mendeteksi dan memblokir pelacak (tracker) yang telah diketahui. Namun, Microsoft Edge Chromium menyerahkan sepenuhnya kepada Anda pelacak apa yang perlu diblokir. Microsoft Edge Chromium menyediakan tiga tingkat (level) pencegahan pelacakan (tracking prevention) yaitu Basic, Balanced dan Strict.

  • Level Basic akan memblokir pelacak (tracker) yang berpotensi membayakan, namun masih membolehkan sebagian besar pelacak lain yang terkait iklan dan konten yang dipersonalisasi.
  • Level Balanced akan memblokir pelacak yang berpotensi membayakan dari situs yang belum pernah Anda kunjungi, sedangkan pelacak untuk iklan dan konten yang dipersonalisasi akan dikurangi.
  • Level Strict akan memblokir pelacak yang berpotensi membayakan dan juga sebagian besar pelacak di berbagai situs, sedangkan pelacak untuk iklan dan konten yang dipersonalisasi akan diminimalkan.

Secara default, level Balanced yang digunakan. Sebagai pengguna browser Microsoft Edge Chromium, Anda dapat menentukan tingkatan pencegahan pelacakan (tracking prevention level) yang ingin digunakan. Berikut ini adalah cara untuk mengubah tingkat pencegahan pelacakan di browser Microsoft Edge Chromium:

Buka atau jalankan browser Microsoft Edge Chromium, klik tombol Settings and more (1) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih atau klik Settings (2).

Mengubah tingkat pencegahan pelacakan (tracking prevention level) di browser Microsoft Edge Chromium

Di halaman Settings, di bilah sebelah kiri, klik tab Privacy and services (1) dan di area sebelah kanan, di bagian Tracking prevention, klik tingkat pencegahan pelacakan (tracking prevension level) yang diinginkan, misalnya level Strict (2).

Mengubah tingkat pencegahan pelacakan (tracking prevention level) di browser Microsoft Edge Chromium
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It