Cara beralih antar tab browser menggunakan pintasan keyboard

Cara Beralih Antar Tab Di Web Browser Menggunakan Pintasan Keyboard

Web browser atau disebut browser saja adalah salah satu aplikasi penting yang harus ada di setiap sistem komputer, baik itu Windows, macOS atau Linux. Browser digunakan untuk menampilkan (render) halaman website. Halaman sebuah website dapat berisi konten teks, gambar, animasi, video dan juga formulir untuk diisi. Ada cukup banyak pilihan browser yang bisa digunakan untuk membuka halaman website.

Ketika melakukan aktivitas browsing, terkadang, Anda tidak cukup hanya membuka satu atau dua tab browser. Anda mungkin perlu membuka banyak tab, bisa sepuluh atau bahkan lebih. Masing-masing tab browser menampilkan halaman website berbeda. Untuk beralih, pindah atau bernavigasi antar tab di browser, normalnya Anda menggunakan mouse. Anda cukup mengklik pada tab yang diinginkan.

Baca artikel:

Namun demikian, adakalanya, ketika Anda beralih, pindah atau bernavigasi antar tab di web browser, menggunakan pintasan keyboard (keyboars shortcuts) akan lebih mudah dan cepat. Misalnya, Anda sedang melakukan banyak pengetikan dan memerlukan informasi yang ada di tab berbeda dengan cepat. Tangan Anda tidak perlu lagi memegang mouse hanya untuk beralih antar tab, Anda dapat langsung menggunakan pintasan keyboard.

Setiap browser memiliki banyak pintasan keyboard. Untungnya, untuk browser berbeda, ada cukup banyak pintasan keyboard yang sama. Anda dapat mengetahui lebih lengkap pintasan keyboard yang berfungsi sama di semua web browser di artikel kami sebelumnya. Seperti pintasan keyboard populer ALT + TAB untuk beralih antar program di Microsoft Windows, pintasan keyboard untuk beralih antar tab browser juga bermanfaat yang akan memudahkan ketika bekerja.

Berikut ini adalah beberapa pintasan keyboard (keyboard shortcut) untuk beralih, pindah atau menavigasi antar tab di web browser:

  • CTRL + TAB atau CTRL + PgDOWN digunakan untuk beralih atau pindah tab browser dari kiri ke kanan.
  • CTRL + SHIFT + TAB atau CTRL + PgUP digunakan untuk beralih atau pindah tab browser dari kanan ke kiri.
  • CTRL + 1 s/d 8 digunakan untuk beralih atau pindah ke tab tertentu. Misalnya, untuk beralih atau pindah ke tab kedua, tekan CTRL + 2 dan untuk beralih atau pindah ke tab keenam, tekan CTRL + 6. Perlu diingat bahwa menggunakan pintasan keyboard ini hanya berlaku sampai tab kedelapan meskipun Anda memiliki lebih banyak tab.
  • CTRL + 9 digunakan untuk beralih atau pindah ke tab terakhir.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It