Ada banyak artikel atau postingan di internet yang mengulas tetang tidak muncul atau berfungsinya Cortana setelah melakukan pembaruan (update) ke Windows 10 Anniversary Update (Windows 10 Redstone 1). Ini sungguh mengejutkan bagi yang mengalami permasalahan karena Microsoft sendiri telah banyak melakukan publikasi akan hadirnya Cortana sebagai asisten digital pribadi (Personal Digital Assistant). Mereka tidak menduga pada akhirnya akan ditemukan masalah juga pada Cortana di Windows 10 Anniversary Update.

Sebagian besar masalah terkait Cortana adalah tidak munculnya ikon Cortana berupa lingkaran putih di taskbar Windows. Mereka hanya mendapati kotak pencarian standar berupa Search Windows dengan ikon magnifaying glass. Mereka juga mendapati hanya sedikit opsi pengaturan terkait Cortana di area Settings, juga tidak ditemukan adanya tombol Notebook yaitu tool yang menentukan informasi terkait Anda yang Cortana dapat kumpulkan dan juga data-data yang Cortana sudah peroleh.

Mengatasi masalah tidak munculnya Cortana di Windows 10 Anniversary Update  Mengatasi masalah tidak munculnya Cortana di Windows 10 Anniversary Update

Bila Anda mencari solusi terkait permasalahan Cortana di Windows 10 Annyersary Update, Anda akan menemukan beberapa opsi yang dapat dicoba. Namun ini tidak menjamin bahwa permasalahan tersebut dapat teratasi. Beberapa artikel menyarankan untuk merubah nilai BingSearchEnabled di registry subkey di bawah ini dari 0 ke 1. Dengan cara tersebut, sebagian mengatakan bahwa permasalahan dapat terselesaikan, namun sebagaian yang lain tidak berhasil dan Cortana tetap tidak muncul di taskbar Windows.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Search

Laptop Penulis yang menggunakan Windows 10 Anniversary Update juga tidak lepas dari masalah Cortana tersebut. Penulis baru menyadari beberapa minggu kemudian bahwa yang muncul di taskbar Windows adalah kotak pencarian standar search Windows, bukan Cortana. Ketika mencoba menggunakan cara dengan merubah nilai BingSearchEnabled dari 0 ke 1, Penulis tidak menemukan BingSearchEnabled di registry subkey yang disarankan. Penulis berfikir bahwa ini karena perbedaan versi Windows yang digunakan (Penulis menggunakan Windows 10 Enterprise Edition).

Ketika membaca lebih lanjut tentang Cortana, Penulis baru tahu bahwa Cortana dioptimalkan untuk bahasa dan negara yang lebih spesifik. Cortana dapat bekerja dengan baik bila telah diatur ke bahasa dan negara yang telah didukungnya. Penulis pernah merubah pengaturan untuk Time & Language di Windows Settings menjadi lokal Indonesia sedangkan Indonesia belum termasuk bahasa dan negara yang didukung Cortana. Mungkin karena hal ini yang menyebabkan Cortana tidak muncul. Ketika Penulis merubah ke bahasa dan negara yang telah didukungnya, Cortana dapat dimunculkan. Berikut ini adalah cara yang Penulis lakukan untuk memunculkan Cortana:

Klik tombol Search Windows (ikon magnifaying glass) dan selanjutnya klik tombol Settings.

Mengatasi masalah tidak munculnya Cortana di Windows 10 Anniversary Update

Di kotak daftar pilihan ke bawah (drop-down box), pilih bahasa yang telah didukung oleh Cortana. Di contoh ini adalah English (United State).

Mengatasi masalah tidak munculnya Cortana di Windows 10 Anniversary Update

Dari kotak dialog Just making sure... yang muncul, klik tombol Yes.

Mengatasi masalah tidak munculnya Cortana di Windows 10 Anniversary Update

Sekarang Anda dapat memperhatikan ikon yang ada di sebelah kiri dari taskbar telah berubah dari magnifaying glass (Search Windows) menjadi lingkaran putih kecil (Cortana). Klik lingkaran kecil putih tersebut untuk menjalankan Cortana. Anda dapat mencobat melakukan perintah melalui suara seperti "Please play music". Di komputer penulis, ini akan menjalankan aplikasi Groove Music (default aplication for music).

Mengatasi masalah tidak munculnya Cortana di Windows 10 Anniversary Update

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It