Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar Windows tidak bekerja berfungsi

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja? Terkadang, Anda mendapati ikon volume tidak merespon ketika diklik. Hal ini terjadi setelah melakukan update Windows atau menginstal program tertentu. Ikon volume adalah akses mudah untuk mengubah volume suara, mengubah pengaturan terkait suara dan pemecahan masalah suara di Windows.

Seharusnya, ketika ikon volume diklik, akan muncul slider volume untuk memperkecil atau memperbesar suara atau ketika diklik kanan (right click), akan muncul menu pintas yang menampilkan opsi terkait suara seperti Open sound settings, Open Volume mixer, Sounds dan Troubleshoot sound problems. Ketika ikon volume bermasalah, klik yang mana saja tidak memunculkan apa-apa, namun suara (audio) tetap bisa didengar.

Baca artikel Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Mono Audio Di Windows 10

Jika hanya memperkecil atau memperbesar volume suara, Anda masih bisa melakukan meskipun ikon volume tidak bekerja. Anda masih dapat menggunakan pintasan keyboard. Di laptop Acer Aspire, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Fn + anak panah ke atas untuk memperbesar volume suara dan Fn + anak panah ke bawah untuk memperkecil volume suara. Namun, tidak semua pengguna Windows mengatahui cara ini.

Ada beberapa cara berbeda untuk memperbaiki masalah ikon volume di taskbar Windows tidak bekerja atau tidak merespon. Ikon volume yang tidak bekerja mungkin dapat dan berhasil diperbaiki dengan salah satu cara. Bila Anda mendapati ikon volume di taskbar tidak bekerja, Anda dapat mencoba salah satu cara di bawah ini:

1. Restart Windows Audio service.

Cara pertama yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah ikon volume speaker di taskbar Windows yang tidak bekerja adalah dengan mengulang kembali (restart) layanan Windows Audio (Windows Audio service). Windows Audio service ini bertugas mengelola perangkat audio untuk program berbasis Windows.

Gunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, ketik service.msc dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Di jendela Services yang muncul, temukan dan klik kanan (right click) Windows Audio untuk menampilkan menu pintas (1) dan kemudian pilih Properties (2).

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi

Di kotak dialog Windows Audio Properties (Local Computer) yang muncul, di tab General (1) pastikan Startup type menggunakan Automatic (2), kemudian klik tombol Stop (3), tunggu beberapa saat sampai layanan berhenti, klik tombol Start (4) untuk memulai lagi layanan (service) dan kemudian klik tombol OK (4) untuk mengakhiri. Setelah proses ini, Anda perlu melakukan restart komputer.

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi

2. Restart Windows Explorer (explorer.exe).

Di Microsoft Windows 10, Windows Explorer (explorer.exe) adalah proses (process) yang bertanggungjawab memulai dan menampilkan sebagian besar user interface (UI) atau antarmuka pengguna seperti desktop, taskbar, Action Center, Start Menu, File Explorer dan elemen grafis lainnya.

Anda dapat mencoba melakukan restart Windows Explorer (explorer.exe) melalu Task Manager Windows untuk memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja. Ada beberapa cara membuka atau menjalankan Task Manager di Windows 10. Cara paling cepat dan mudah adalah melalui pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc.

Di jendela Task Manager yang muncul, pastikan Anda berada di tab Processes (1), cari dan klik kanan Windows Explorer (2), di menu pintas (shortcut menus) yang muncul, pilih Restart (3) atau klik tombol Restart yang ada di sudut kanan bawah. Ini akan memulai kembali explorer shell dan menyegarkan (refresh) Start Menu dan taskbar. Sekarang, Anda dapat memeriksa apakah ikon volume sudah dapat digunakan.

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi

3. Perbarui (update) driver audio.

Anda mungkin sudah melakukan beberapa kali update Windows, namun tidak dengan driver audio. Ini mungkin menyebabkan driver audio tidak sesuai lagi atau menjadi usang. Anda dapat memperbarui (update) driver audio untuk mencoba memperbaiki ikon volume di taskbar yang tidak bekerja. Pastikan komputer Anda terkoneksi internet untuk pencarian online driver terbaru untuk perangkat audio.

Baca artikel:

Buka atau jalankan Device Manager terlebih dahulu dengan cara klik kanan tombol Start Menu atau bisa melalui pintasan keyboard Windows + X, di menu WinX yang muncul, klik atau pilih Device Manager. Di jendela Device Manager yang muncul, klik anak panah dari Sound, video dan game controller (1), klik kanan kartu suara (sound card) atau perangkat audio (2) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian klik Update driver (3).

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi

Di jendela Update Drivers - Realtek High Definition Audio (perangkat audio lain) yang muncul, pilih Search automatically for drivers dan kemudian ikuti langkah selanjutnya untuk memperbarui driver audio.

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi

4. Uninstall perangkat audio dan reboot.

Untuk memperbaiki ikon volume di taskbar yang tidak bekerja, Anda juga dapat mencoba dengan mencopot (uninstall) perangkat Audio dan kemudian melakukan reboot komputer. Cara uninstall perangkat audio dan reboot ini bertujuan agar Windows memberi pengaturan (settings) baru pada perangkat Audio atau mengembalikan perangkat Audio ke pengaturan default.

Buka atau jalankan Device Manager terlebih dahulu seperti cara di atas, di jendela Device Manager yang muncul, klik anak panah dari Sound, video dan game controller (1), klik kanan kartu suara (sound card) atau perangkat audio (2) untuk menampilkan menu pintas, pilih atau klik Uninstall device (3) dan kemudian reboot komputer.

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi

Buka atau jalankan kembali Device Manager dan kemudian klik tombol Scan for hardware changes. Ini akan menampilkan kembali perangkat Audio dengan driver baru berasal dari Microsoft Windows. Anda dapat memeriksa apakah ikon volume di taskbar sudah dapat digunakan. Bila perlu, Anda dapat melakukan update driver seperti pada langkah ke-3 di atas.

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi

5. Reinstall ShellExperienceHost.

Windows Shell Experience Host yang juga dikenal dengan ShellExperienceHost.exe adalah komponen inti sistem operasi Microsoft Windows yang bertanggungjawab menyajikan berbagai aplikasi universal dalam antarmuka berjendala (windowed interface). Windows Shell Experience Host ini pertama kali dirilis di Windows 10 dan kini menjadi bagian tidak terpisahkan dari sistem operasi.

Windows Shell Experience Host menangani komponen grafis Microsoft Windows seperti Start Menu, taskbar, calendar, clock, notification area, background slideshow dan lain sebagainya. Windows Shell Experience Host adalah salah satu proses (process) di Windows yang berjalan di balik layar. Windows Shell Experience Host menggunakan sumber daya sistem CPU dan RAM tidak sedikit yang bisa menjadi penyebab masalah pada Windows.

Anda dapat menginstal ulang (reinstall) ShellExperienceHost.exe untuk memperbaiki ikon volume di taskbar yang tidak bekerja. Buka atau jalankan Windows PowerShell dengan hak akses administrator penuh (run as administrator), ketik atau copy paste perintah di bawah ini dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk mengeksekusinya.

Baca artikel Mengganti Command Prompt Dengan PowerShell Di Menu WinX Windows 10

Get-AppxPackage Microsoft.Windows.ShellExperienceHost | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

Memperbaiki ikon volume speaker di taskbar yang tidak bekerja berfungsi
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It