Cara menampilkan file dan folder tersembunyi di Windows
Hidden Files and Folders

Untuk alasan keamanan, Microsoft Windows telah menyembunyikan file dan folder tertentu sehingga tidak dapat dilihat atau diakses oleh user atau pengguna komputer ketika sedang menjelajah file dan folder melalui File Explorer (dulu Windows Explorer). Terkait dengan file tersembunyi ini, Microsoft Windows mengkategorikan sebagai tersembunyi (hidden) dan menyembunyikan dari pengguna.

Kategori pertama adalah file tersembunyi dengan atribut +H dimana + untuk mengaktifkan atribut, - untuk menonaktifkan atribut dan H adalah atribut "Hidden" atau ditetapkan sebagai tersembunyi melalui file atau folder properties. Kategori kedua adalah file sistem yang diperlukan Windows untuk tetap berjalan baik. File sistem harus terjaga agar tidak berubah atau terhapus tanpa sengaja karena banyak pengaturan penting tersimpan di dalamnya.

Baca artikel:

Namun demikian, ada saat dimana Anda perlu menampilkan file atau folder tersembunyi. Anda mungkin ingin menampilkan file atau folder yang disembunyikan virus, spyware atau hijacker atau ingin memperbaiki masalah komputer sehingga perlu menampilkan file dan folder tersembunyi. Microsoft Windows menyediakan fitur untuk menampilkan semua file dan folder tersembunyi.

Jika Anda memiliki alasan kuat sehingga perlu menampilkan file dan folder tersembunyi di Microsoft Windows, berikut ini adalah caranya:

1. Melalui File Explorer.

Klik kanan tombol Start Menu yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan menu pintas WinX dan kemudian pilih atau klik File Explorer untuk membuka atau menjalankan File Explorer.

Menampilkan file dan folder tersembunyi Windows

Di jendela This PC yang muncul, arahkan ke drive C untuk menampilkan semua file atau folder. Anda dapat memperhatikan ada 8 folder di drive C komputer. Sekarang, pastikan Anda berada di tab VIEW.

Menampilkan file dan folder tersembunyi Windows

Di kelompok Show/hide, beri tanda centang di kotak centang (check box) Hidden items. Sekarang, Anda dapat perhatikan jumlah file atau folder telah bertambah karena file atau folder tersembunyi (hidden) telah ditampilkan.

Menampilkan file dan folder tersembunyi Windows

2. Melalui Kotak Dialog Folder Option.

Klik kanan tombol Start Menu yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan menu pintas WinX dan kemudian pilih Control Panel untuk membuka jendela Control Panel.

Menampilkan file dan folder tersembunyi Windows

Di jendela Control Panel yang muncul, pilih tautan (link) Appearance and Personalization untuk membuka jendela Appearance and Personalization.

Menampilkan file dan folder tersembunyi Windows

Di jendela Appearance and Personalization yang muncul, pilih tautan Show hidden files and folders yang ada di kelompok Folder Options.

Menampilkan file dan folder tersembunyi Windows

Di kotak dialog Folder Options yang muncul, klik tombol radio (radio button) berlabel Show hidden files, folders, and drives dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Apply dan OK. Ini akan mengubah file dan folder tersembunyi menjadi terlihat kembali.

Menampilkan file dan folder tersembunyi Windows