Apa itu legacy version pada browser Microsoft Edge

Apa Itu Legacy Version Browser Microsoft Edge

Salah satu pemberitaan online yang menyita perhatian terkait web browser akhir-akhir ini adalah telah hadirnya browser Microsoft Edge baru. Browser Microsoft Edge baru ini berbasis pada Chromium yaitu proyek software open source Google yang juga digunakan untuk membuat browser Google Chrome. Beberapa browser terkenal berbasis Chromium adalah Opera, Vivaldi, Yandex, Epic dan Brave (browser anonim)

Pada Januari 2020 lalu, Microsoft merilis versi stabil browser Microsoft Edge baru untuk dapat diunduh oleh pecinta browser ini. Microsoft memerlukan waktu lebih dari setahun untuk membangun ulang browser Microsoft Edge berbasis Chromium. Rencana membangun ulang (rebuild) Microsoft Edge Chromium ini diumumkan Microsoft pada akhir tahun 2018 lalu.

Baca artikel 5 Browser Anonim Terbaik Untuk Perindungan Privasi Online

Microsoft Edge lama adalah browser bawaan Windows 10 yang dirilis tahun 2015 untuk mengganti browser Microsoft Internet Explorer yang pernah mengalami kegagalan dan ditinggalkan penggunanya. Namun, jumlah pengguna browser Microsoft Edge lama juga tidak sesuai harapan meskipun Microsoft telah gencar mempromosikan dan juga meminta pengguna Microsoft Internet Explorer untuk beralih ke browser ini.

Browser Microsoft Edge lama adalah browser yang dibuat Microsoft dari awal, bukan browser penerus Microsoft Internet Explorer. Browser ini mengunakan rendering engine EdgeHTML yang merupakan fork atau versi lain dari Triden yang juga dikenal dengan MSHTML. Triden sendiri adalah rendering engine yang digunakan di browser Microsoft Internet Explorer.

Di update Windows 10 terakhir, Microsoft belum mengganti ke browser Microsoft Edge Chromium, mungkin akan dilakukan di update Windows 10 berikutnya. Ini artinya browser Microsoft Edge Anda masih versi lama (legacy version) yang menggunakan rendering engine EdgeHTML untuk menampilkan halaman web, sedangkan Microsoft Edge Chromium sendiri menggunakan rendering engine Blink dan V8 JavaScript.

Untuk memastikan, Anda dapat memeriksa apakah browser Microsoft Edge yang digunakan saat ini adalah legacy version (versi lama). Buka browser Microsoft Edge, klik ikon Settings and more yang ada di sudut kanan atas atau gunakan keyboard shortcut Alt+X, pilih Settings, di tab General (1), gulung area sebelah kanan ke bawah, di bagian About this app, Anda dapat menemukan informasi terkait EdgeHTML (2).

Apa itu legacy version browser Microsoft Edge

Bila Anda menginstal Microsoft Edge baru secara manual, instalasi ini akan menimpa atau mengganti Microsoft Edge versi lama (legacy version). Dengan demikian, browser Microsoft Edge Anda sekarang adalah berbasis Chromium yang menggunakan rendering engine Blink dan V8 JavaScript, rendering engine yang juga digunakan di browser Google Chrome.

Anda dapat mengunjungi website resmi Microsoft di halaman unduhan browser Edge untuk mengunduh online installer Microsoft Edge Chromium. Alternatif lain, Anda juga dapat menginstal menggunakan offline installer Microsoft Edge Chromium. Kelebihan dari offline installer Microsoft Edge Chromium adalah dapat diinstal kapanpun tanpa perlu koneksi ke internet.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It