Menonaktifkan Fitur Live Tiles Di Microsoft Windows

Live tiles adalah fitur baru yang ada di Microsoft Windows 8. Sebenarnya, fitur ini sudah digunakan di Microsoft Windows Phone yang kemudian diadopsi ke Microsoft Windows untuk desktop. Live tiles adalah representasi dari berbagai aplikasi dengan design modern UI (aka Metro) seperti Weather, News, Finance, Sports dan lain sebagainya. Live tiles juga dapat memberikan update singkat dan segera tentang informasi terkait yang ada di aplikasi tersebut.

Anda tidak perlu menjalankan aplikasi terkait atau mengunjungi website tertentu untuk mendapatkan informasi yang disediakan. Untuk mendapatkan update singkat dan segera tentang informasi tertentu, diperlukan koneksi ke internet. Live tiles akan menggunakan bandwidth internet. Bila bandwidth internet terbatas, Anda perlu mempertimbangkan apakah tetap mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini. Bila Anda mempertimbangkan untuk tidak mengaktifkan, berikut ini adalah cara menonktifkan di Windows 8.1:

Baca artikel Mengenal Tampilan Live Tiles Di Windows 8 Dan Versi Di Atasnya

1.  Menonaktifkan fitur live tile satu persatu.

Untuk menonaktifkan fitur live tile satu persatu, cukup klik tombol Windows yang ada di pojok kiri bawah. Dari tampilan live tiles yang muncul, klik kanan salah satu tile yang aktif untuk menampilkan daftar perintah pintas dan kemudian pilih (klik) Turn live tile off.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows

2.  Menonaktifkan keseluruhan fitur live tiles.

Klik tombol Windows yang ada di pojok kiri bawah dan kemudian klik tombol Search yang ada di pojok kanan atas. Dari kotak pencarian (search box) yang muncul, ketikkan gpedit.msc dan kemudian tekan tombol Search yang ada disebelah kanan kotak tersebut.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows

Di jendela Local Group Police Editor yang muncul, klik User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar > Notification. Di daftar pengaturan sebelah kanan, klik ganda Turn off tile notifications untuk membuka kotak dialog Turn off tile notifications.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows

Di kotak dialog Turn off tile notifications yang muncul, klik tombol radio (radio button) Enabled, klik tombol Apply dan kemudian tombol OK. Di sini Anda telah menonaktifkan semua tiles yang aktif. Jika Anda melihat tiles yang masih memberi update singkat tentang informasi terkait, ini dikarenakan aplikasi (tiles) tersebut menggunakan update yang tersimpandi cache.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It