Melakukan restart Microsoft Windows 10

Anda mungkin pernah mengeluhkan masalah komputer yang berjalan lambat kepada teman yang lebih paham atau mengerti masalah komputer. Teman tersebut mungkin akan meminta Anda untuk mencoba melakukan restart komputer atau mematikan dan kemudian menghidupkan kembali komputer. Melakukan restart komputer adalah cara awal dan paling mudah untuk menyelesaikan masalah komputer. Bila masalah tetap ada, baru dilakukan pemecahan masalah (troubleshotting).

Faktanya, semakin lama Anda membiarkan komputer hidup tanpa melakukan restart atau tanpa mematikannya (shutdown), semakin besar kemungkinan komputer mulai mengalami masalah. Pada komputer yang menjalankan versi Windows lama, Anda perlu untuk mematikan setiap malam untuk mendapatkan performa terbaiknya. Untuk komputer yang menjalankan versi Windows yang lebih baru, Anda dapat melakukan restart atau mematikannya lebih jarang.

Baca artikel:

Ini merupakan hal wajar ketika komputer mulai mengalami masalah seperti berjalan lambat atau performanya menurun setelah Anda meninggalkan atau membiarkan hidup dalam waktu yang cukup lama. Melakukan restart mungkin dapat mengembalikan performa komputer karena pada proses restart, ruang memori dikosongkan dan file sementara (temporary files) yang dihasilkan oleh berbagai software (perangkat lunak) dihapus.

Baca artikel:

Biasanya, melakukan restart komputer dapat memperbaiki sebagian masalah komputer yang muncul seperti performa menurun, berjalan lambat atau program yang macet atau tidak merespon. Bila Anda tidak dapat melakukan restart karena komputer macet atau tidak merespon secara total, Anda dapat mematikan komputer secara manual dengan menekan tombol daya atau tombol power beberapa saat sampai komputer mati dan kemudian menyalakan kembali.

Untuk masalah yang lebih serius dan tidak bisa diatasi dengan hanya melakukan restart komputer, Anda perlu menyerahkan ke tim IT yang ada untuk diperbaiki atau Anda juga dapat menggunakan jasa perbaikan komputer (computer repair services). Di Microsoft Windows, ada beberapa cara untuk melakukan restart komputer. Berikut ini adalah diantaranya:

1. Melalui Start menu.

Ini adalah cara yang paling umum digunakan bila komputer Windows tidak macet atau masih bisa merespon. Klik tombol Start menu Windows (1) yang ada di sudut kiri bawah, kemudian klik tombol power atau tombol daya (2) dan kemudian pilih atau klik opsi Restart (3).

Melakukan restart Microsoft Windows 10

2. Melalui WinX menu.

WinX sendiri adalah fitur baru yang mulai diperkenalkan di Windows 8. Microsoft tidak mmiliki nama resmi untuk fitur ini. Pengiat IT memberi nama WinX karena dapat diakses melalui pintasan keyboard Windows+X. Untuk melakukan restart komputer melalui WinX menu, klik kanan tombol Start menu (1), kemudian klik Shut down or sign out (2) dan kemudian klik atau pilih opsi Restart (3).

Melakukan restart Microsoft Windows 10

3. Melalui kotak dialog Shut Down Windows.

Kotak dialog Shut Down Windows dapat diakses dengan cepat melalui pintasan keyboard Alt+F4. Ketika kotak dialog Shut Down Windows muncul, klik kotak daftar tarik turun (drop down list), kemudian pilih opsi Restart (1) dan selanjutnya klik tombol OK (2).

Melakukan restart Microsoft Windows 10

Pastikan tidak ada jendela aplikasi yang terbuka ketika menggunakan pintasan keyboard Alt+F4 untuk membuka kotak dialog Shut Down Windows. Bila ada beberapa jendela aplikasi terbuka, kotak dialog Shut Down Windows tidak akan muncul dan justru jendela aplikasi aktif yang ditutup. Penggunaan pintasan keyboard Alt+F4 akan menampilkan kotak dialog Shut Down ketika semua jendela aplikasi sudah tidak ada.

4. Melalui Command Prompt.

Command Prompt adalah salah satu tool powerful di Windows untuk mengeksekusi baris perintah atau batch file. Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melakukan restart komputer melalui baris perintah. Untuk melakukan restart komputer, buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu, ketik perintah shutdown /r dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Melakukan restart Microsoft Windows 10

Baca artikel:

5. Melalui Windows PowerShell.

Seperti Command Prompt, Windows PowerShell adalah juga tool baris perintah (command line) yang dikembangkan Microsoft dan disertakan pula di Microsoft Windows. Dibandingkan dengan Command Prompt, PowerShell memiliki kemampuan dan fleksibilitas yang lebih baik. Anda juga dapat menggunakan PowerShell untuk melakukan restart komputer.

Buka atau jalankan Windows PowerShell terlebih dahulu, ketik perintah shutdown /r dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Melakukan restart Microsoft Windows 10

Baca artikel:

6. Melalui login screen Windows.

Anda dapat menggunakan login screen Windows untuk melakukan restart komputer. Login screen adalah tampilan layar pertama ketika komputer Windows dinyalakan yang memerlukan autentikasi berupa password untuk masuk ke sistem Windows. Ketika sudah masuk ke sistem Windows, Anda juga masih dapat mengakses login screen ini.

Baca artikel Menonaktifkan Login Screen Dan Masuk Otomatis Ke Windows 10

Untuk melakukan restart komputer melalui login screen, gunakan pintasan keyboard Windows+L untuk menampilkan lock screen, klik mouse di area kosong dari lock screen untuk mengakses login screen. Di sudut kanan bawah dari login screen, klik tombol Power (1) dan kemudian pilih Restart (2).

Melakukan restart Microsoft Windows 10

7. Melalui pintasan keyboard Ctrl+Alt+Del (Windows Security).

Di Windows 10, 8.1, 8, 7 dan Vista, pintasan keyboard Ctrl+Alt+Del memulai Windows Security yang menampilkan opsi Lock, Switch user, Sign out, Change a password dan Task Manager, sedangkan di Windows XP dan versi Windows sebelumnya, pintasan keyboard ini hanya memulai Task Manager.

Pintasan keyboard Ctrl+Alt+Del (Windows Security) juga dapat digunakan untuk melakukan restart komputer. Cukup tekan tombol keyboard Ctrl, Alt dan Delete secara bersama-sama dan di layar yang muncul, di sudut kanan bawah, klik tombol Power (1) dan kemudian pilih Restart (2).

Melakukan restart Microsoft Windows 10

8. Melalui kotak dialog Run.

Kotak dialog Run (Windows Run dialog atau Run Command box) adalah sebuah fitur yang pertama kali diperkenalkan di Windows 95. Kotak dialog Run dapat digunakan sebagai akses cepat ke program, folder, dokumen dan sumber daya lain asalkan Anda tahu perintahnya. Untuk melakukan restart komputer melalui kotak dialog Run, terlebih dahulu buka atau jalankan kotak dialog Run melalui pintasan keyboard Windows+R, ketik perintah shutdown /r (1) di kotak teks (text box) Open dan kemudian klik tombol OK (2).

Melakukan restart Microsoft Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It