Mengubah Ukuran Penyimpanan Maksimum Recycle Bin Di Windows 10

Ketika Anda merasa sudah tidak lagi memerlukan file atau folder yang ada di komputer, Anda mungkin mungkin akan menghapus file dan folder tersebut. Secara default, semua file atau folder yang dihapus dari hard disk komputer tidak benar-benar terhapus secara permanen, tetapi akan masuk dan disimpan untuk sementara waktu di Recycle Bin.

Sebenarnya, keberadaan dan peranan Recycle Bin sebagai tempat penyimpanan sementara (temporary storage) cukup penting dan dapat memberi fungsi keamanan pada file atau folder yang telah dihapus. Ketika Anda berubah pikiran dan ingin menggunakan kembali file atau folder yang telah dihapus, Anda dapat mengembalikan lagi dari Recycle Bin ke tempat awalnya.

Baca artikel:

Jika Anda diperhatikan, ikon Recycle Bin akan berubah ketika telah berisi file atau folder yang dihapus. Recycle Bin akan menyimpan file atau folder yang dihapus sampai ukuran penyimpanan maksimumnya tercapai. Ketika ukuran penyimpanan maksimumnya tercapai, file atau folder lama yang ada di dalamnya akan dihapus secara permanen untuk memberi ruang pada file atau folder berikutnya yang dihapus.

Mengubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10

Bila Anda ingin semua file di Recycle Bin tetap terjaga lebih lama dan tidak hilang untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu diperlukan, Anda dapat mengubah ukuran penyimpanan maksimum menjadi lebih besar. Berikut ini adalah cara mengubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Microsoft Windows 10:

Klik kanan (right click) ikon Recycle Bin dan dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Properties.

Mengubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10

Di kotak dialog Recycle Bin Properties yang muncul, pilih salah satu lokasi Recycle Bin untuk drive (misalnya Local Disk D:). Anda dapat melihat bahwa ukuran penyimpanan maksimum untuk drive D sebesar 14244 MB. Di bagian Settings for selected location, pilih Custom size, kemudian ubah nilai di kotak teks (text box) Maximum size (MB) sesuai dengan yang Anda inginkan.

Mengubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10

Untuk menyimpan perubahan pengaturan, klik tombol Apply dan kemudian tombol OK. Untuk mengubah ukuran penyimpanan maksimum lokasi Recycle Bin di drive yang lain, ulangi langkah di atas.

Mengubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It