Cara mengkompilasi menjalankan program Java

Mengkompilasi Dan Menjalankan Program Java

Bahasa pemrograman Java adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Selain bersifat sumber terbuka (open source), bahasa pemrograman Java juga tidak memerlukan lingkungan pengembangan (IDE) khusus sehingga kode program Java dapat dibuat menggunakan teks editor seperti Notepad, Notepad++ atau text editor lainnya.

Berbeda dengan bahasa pemrograman Java, bahasa pemrograman lain seperti Visual Basic, Visual Foxpro atau Borland Delphi bersifat komersial dan telah mempunyai lingkungan pengembangan (IDE) tersendiri. Untuk membuat program Java yang dapat dieksekusi (executable), Anda cukup melalui tiga langkah atau tahapan mudah yaitu:

  • Menulis kode program Java. Untuk program Java sederhana, Anda bisa menggunakan editor sederhana seperti Notepad, Notepad++ atau yang lain. Untuk program Java yang sangat kompleks, Anda dapat menggunakan IDE seperti Eclipse, Intellij, NetBean atau JDeveloper.
  • Mengkompilasi (compile) file kode sumber Java (Java source code) yang berekstensi .java. Untuk program Java sederhana dapat menggunakan Command Prompt Windows namun harus sudah dikonfigurasi dengan benar. Untuk mengkompilasi program Java yang kompleks dapat menggunakan salah satu IDE yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Kemudian menjalankan (run) file bytecode Java yang berekstensi .class. Tentu saja, menjalankan file bytecode Java di Command Prompt dan di IDE memiliki cara atau langkan yang berbeda.

Berikut ini adalah contoh program Java dengan nama file Sapaan yang akan menampilkan teks atau string "Selamat Datang Java" di jendela Command Prompt (dulu Dos Prompt). Kode program Java ini ditulis menggunakan text editor Notepad++ dan selanjutnya akan dikompilasi dan dijalankan di jendela Command Prompt.

Baca artikel:

Tulis dahulu kode program Java di bawah ini menggunakan teks editor seperti Notepad atau Notepad++, beri nama file dan sertakan ekstensi .java, misalnya Sapaan.java dan kemudian simpan di direktori atau folder yang diinginkan.

// Nama file : Sapaan.java
// Program sapaan sederhana

public class Sapaan {
   
   public static void main(String[] args) {
  
      System.out.println("Selamat datang Java");
   }
}

Kemudian buka atau jalankan Command Prompt bawaan Microsoft Windows, kemudian rubah folder atau direktori sesuai dengan tempat penyimpanan file Sapaan.java yaitu di C:/hindro/javasc) dan selanjutnya kompilasi dengan mengetikkan javac Sapaan.java

Mengkompilasi dan menjalankan program Java

Bila tidak ditemukan kesalahan (error) pada kode program, kompilasi di atas menghasilkan file bernama sama dan berekstensi .class (Sapaan.class). File berekstensi .class ini disebut dengan bytecode dan disimpan otomatis di direktori atau folder yang sama dengan file Sapaan.java. Bila dibuka, isi file ini tidak akan dapat dimengerti oleh manusia dan hanya bisa dijalankan oleh mesin komputer. Untuk menjalankan file bytecode Sapaan.class ini, ketikkan perintah java Sapaan di jendela Command Prompt.

Mengkompilasi dan menjalankan program Java

Hasil menjalankan program Java ini adalah kalimat "Selamat Datang Java" (baris kedua gambar di atas). Selain menggunakan Notepad++ untuk menulis kode program Java dan Command Prompt untuk mengkompilasi dan menjalankan program, Anda juga dapat membuat, mengkompilasi dan menjalankan program Java di lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environment | IDE) seperti Eclipse, Intellij, NetBean atau JDeveloper. Dengan IDE, penulisan kode program, mengkompilasi dan menjalankan program dapat dilakukan sekaligus dalam satu area pengembangan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It