Menyetel ulang (reset) Adobe Photoshop ke pengaturan awal (default)

Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika menggunakan Adobe Photoshop, misalnya panel tidak muncul, beberapa perintah tidak bekerja dengan benar atau mengalami error atau Adobe Photoshop sendiri mengalami blank? Bila ini terjadi, kemungkinan ada kerusakan pada file Prefs (preferensi). File Prefs adalah tempat Adobe Photoshop menyimpan berbagai pengaturan program (program settings).

File Prefs ini menyimpan berbagai pengaturan program seperti opsi tampilan (display) umum, opsi penyimpanan file, opsi performa, opsi kursor (cursor), opsi transparasi (transparency), opsi untuk plug-ins dan scratch disk dan lain sebagainya. File Prefs ini disimpan setiap waktu Anda keluar atau menutup Adobe Photoshop. Menyetel ulang (reset) Adobe Photoshop mungkin bisa menyelesaikan berbagai masalah yang muncul.

Baca artikel Menjadikan Adobe Photoshop Sebagai Editor Default File Gambar

Menyetel ulang (reset) Adobe Photoshop berarti menghapus file Prefs yang ada dan membuat file Prefs baru secara otomatis ketika Adobe Photoshop dijalankan kembali. Menyetel ulang Adobe Photoshop termasuk juga menyetel ulang color settings, custom keyboard shortcuts dan workspace yang dibuat. Bila Anda ingin kembali menggunakan pengaturan tersebut, simpan terlebih dahulu.

Baca artikel:

Bila Anda menggunakan Adobe Photoshop CC, Anda mempunyai beberapa cara untuk menyetel ulang (reset). Cara menyetel ulang Adobe Photoshop di artikel ini menggunakan Adobe Photoshop CS6 yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows 10 64-bit. Berikut ini adalah cara menyetel ulang (reset) Adobe Photoshop ke pengaturan awal (default).

Baca artikel:

1. Menggunakan pintasan keyboard.

Bila Anda sudah menjalankan Adobe Photoshop, keluar atau tutup kembali aplikasi tersebut. Anda bisa keluar dengan cara mengklik menu File dan kemudian pilih submenu Exit atau dapat mengklik tombol Close yang terletak di sudut kanan atas jendela Adobe Photoshop.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) sambil menjalankan kembali Adobe Photoshop. Tekan dan tahan tombol keyboard SHIFT + CTRL + ALT dan kemudian jalankan Adobe Photoshop.

Sebelum Adobe Photoshop terbuka sepenuhnya, akan muncul kotak dialog Adobe Photoshop CS6 Extended. Klik tombol Yes untuk menghapus file pengaturan (Settings File).

Cara menyetel ulang (reset) Adobe Photoshop ke pengaturan awal (default settings)

2. Menghapus langsung file Prefs.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menghapus langsung file Prefs. Anda perlu keluar dan menutup terlebih dahulu Adobe Photoshop. Ketika file Prefs sudah dihapus dan Adobe Photoshop dijalankan kembali, file Prefs baru otomatis dibuat dan Adobe Photoshop berjalan menggunakan pengaturan awal (default settings).

Jalankan File Explorer dan navigasi ke folder penyimpanan file Prefs. Anda dapat menavigasi melalui path (jalur) di bawah ini. Anda akan menemukan file Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs.psp. Hapus saja file tersebut. Ketika Anda menjalankan kembali Adobe Photoshop, file Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs.psp baru dibuat secara otomatis.

C:\Users\username\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Photoshop CS6\Adobe Photoshop CS6 Settings

Cara menyetel ulang (reset) Adobe Photoshop ke pengaturan awal (default settings)

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It