Mengenal aplikasi Notepad di Microsoft Windows

Notepad atau lengkapnya Microsoft Notepad adalah editor teks untuk membuat file teks sederhana. Microsoft Notepad telah disertakan di semua versi sistem operasi Microsoft Windows dimulai sejak Microsoft Windows 1.0 tahun 1985. Ini artinya, ketika Anda menginstal Microsoft Windows atau membeli komputer yang sudah terpasang Microsoft Windows, aplikasi Notepad juga sudah terinstal otomatis di dalamnya. Kegunaan utama Notepad adalah untuk melihat atau mengedit file teks (text file).

Notepad hanya mendukung pemformatan dasar sehingga tidak dapat melakukan pemformatan yang kompleks seperti Microsoft Word. Notepad tidak mendukung penyisipan gambar. Ketika menjalankan aplikasi ini, Anda hanya akan menemukan fungsi atau perintah-perintah yang sangat dasar untuk memanipulasi teks. Di Notepad, Anda dibolehkan menggunakan jenis font tertentu (font setting) ketika membuat file teks.

Baca artikel Mengaktifkan Fitur Word Wrap Di Notepad

Mengenal aplikasi Notepad di Microsoft Windows

Yang perlu diingat di sini adalah bahwa penggunaan font tertentu hanya mempengaruhi bagaimana teks ditampilkan dan dicetak, tetapi tidak berpengaruh pada bagaimana file disimpan di diks atau media penyimpanan lainnya. Notepad membolehkan Anda untuk membuat atau membuka dokumen dalam beberapa format berbeda seperti ANSI, Unicode, big-endian Unicode atau UTF-8.

Format tersebut membolehkan Anda bekerja dengan file yang menggunakan serangkaian karakter berbeda. Notepad menyimpan file dengan ekstensi .txt dan secara default, menggunakan format teks ANSI. Di Microsoft Windows, sebuah file dianggap sebagai file text bila memiliki ektensi .txt. Namun, banyak ekstensi atau akhiran (suffixes) digunakan untuk file teks dengan tujuan yang lebih spesifik, misalnya di pemrograman komputer. Sebagai contoh, kode sumber program Java adalah juga file teks yang menggunakan ekstensi .java.

Mengenal aplikasi Notepad di Microsoft Windows

Untuk membuat sebuah program aplikasi yang kompleks, Anda tidak cukup menggunakan aplikasi Notepad. Anda perlu menulis kode program di perkakas yang memiliki lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environment | IDE) atau menggunakan teks editor yang mampu menampilkan syntax highlighting atau indentation seperti Notepad++. Untuk penulisan kode program sederhana, Anda bisa menggunakan Notepad.

Di rilis sistem operasi terbaru Windows 10, Microsoft rencananya akan menambahkan Notepad ke Windows Store untuk bisa mengetahui rating dan juga ulasan dari penggunanya. Untuk Anda yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda dapat menjalankan aplikasi Notepad dari Windows 10 melalui tombol Start > Windows Accessories.

Mengenal aplikasi Notepad di Microsoft Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It