Banyak orang kini memanfaatkan komputer sebagai pusat hiburan. Mereka menggunakan komputer untuk menonton film atau video, memutar musik atau bermain game. Komputer yang menjadi pusat hiburan harus mendukung multimedia. Kualitas multimedia akan baik dan maksimal bila memiliki kartu pendukung. Dua kartu pendukung utama pada komputer multimedia adalah kartu grafis dan kartu suara .

Kartu grafis (graphics card) bertugas menangani pemrosesan grafis dan gambar sedangkan kartu suara (sound card) bertugas menangani pemrosesan file audio sehingga dihasilkan suara dengan kualitas tinggi. Yang terbaik dari kedua kartu tersebut adalah kartu ekspansi yang berdiri sendiri (dedicated atau add-on card). Ada dua hal yang harus ada agar suara dari komputer dapat didengar yaitu kartu suara dan speaker.

Baca artikel:

Mengetahui jenis kartu suara yang terpasang di sistem komputer adalah hal penting. Anda dapat mengetahui apakah kartu suara masih bekerja dengan baik atau mulai ada masalah. Informasi kartu suara juga digunakan sebagai bahan komparasi dengan kartu suara dari vendor lain. Informasi kartu suara yang spesifik dapat digunakan untuk memastikan driver yang tepat ketika Anda menginstal ulang sistem operasi.

Baca artikel:

Sebagai pengguna Microsoft Windows, Windows menyediakan cara untuk mengetahui kartu suara (sound card) yang terpasang di komputer. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui kartu suara:

Klik ikon Cortana yang terletak di sudut kiri bawah (1), ketik dxdiag (2) di kotak pencirian Cortana dan kemudian klik dxdiag dari hasil pencarian (3).

Mengetahui kartu suara (sound card) yang terpasang di komputer

Di kotak dialog DirectX Diagnostic Tool yang muncul, klik tab Sound untuk mengetahui informasi tentang kartu suara yang terpasang di komputer.

Mengetahui kartu suara (sound card) yang terpasang di komputer
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It