Mengubah Atau Mengganti Direktori Default Command Prompt

Command Prompt (cmd.exe) adalah aplikasi baris perintah yang secara otomatis disertakan di Microsoft Windows. Aplikasi ini digunakan untuk mengeksekusi baris perintah. Umumnya, perintah yang dieksekusi adalah untuk mengotomasi tugas melalui script dan batch file, memecahkan masalah Windows dan menjalankan fungsi administrasi lanjutan. Command Prompt dapat mengeksekusi perintah lebih cepat dibanding antarmuka (interface) grafis Windows.

Baca artikel Mengganti Command Prompt Dengan Windows PowerShell

Mengubah atau mengganti direktori default Command Prompt

Di Windows 10, ketika Anda menjalankan Command Prompt (Admin), direktori default yang aktif adalah C:\Windows\system32. Bila Anda ingin mengakses file yang berada di direktori lain, Anda perlu menavigasi ke direktori tempat file tersebut berada. Setiap kali membuka atau menjalankan Command Prompt, Anda akan selalu berada di direktori default ini.

Anda dapat mengubah direktori default Command Prompt dengan direktori lain, misalnya direktori tempat semua file Anda berada. Windows tidak menyediakan pengaturan untuk melakukan ini, namun Anda dapat mengubahnya melalui Registry Editor. Berikut ini adalah cara mengubah direktori default Command Prompt di Windows 10:

Baca artikel:

Buka kotak dialog Run melalui tombol keyboard Win + R, ketik regedit dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Di jendela Registry Editor yang muncul, navigasi ke registry key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Command Processor. Di subkey Command Processor, di area sebelah kanan, cari string Autorun, bila tidak ada, buat Expandable String Value baru dengan cara sorot subkey Command Processor, di area kosong sebelah kanan, klik kanan untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian pilih Expandable String Value.

Mengubah atau mengganti direktori default Command Prompt

Beri nama pada Expandable String Value baru tersebut dengan "Autorun". Masukkan nilai untuk Expandable String Value yang kini bernama Autorun dengan cara mengklik kanan tepat di Autorun dan kemudian pilih Modify...

Mengubah atau mengganti direktori default Command Prompt

Di kotak dialog Edit String yang muncul, di kotak teks Value data, ketikkan CD /d C:\dataku dan kemudian klik tombol OK. C:\Dataku akan menjadi direktori baru Command Prompt.

Mengubah atau mengganti direktori default Command Prompt

Berikutnya, tutup jendela Registry Editor dan jalankan kembali Command Prompt (Admin). Sekarang, direktori Command Prompt telah diubah atau diganti ke C:\Dataku.

Mengubah atau mengganti direktori default Command Prompt
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It