Gambar tidak bisa diedit (mode index layer) Photoshop

Di internet, Anda bisa menemukan banyak gambar. Namun tidak semua gambar di internet bisa digunakan semaunya. Setiap gambar mempunyai lisensi atau hak penggunaan gambar. Baca lisensi gambar tersebut dengan cermat sebelum menggunakannya. Tidak sedikit gambar di internet yang memiliki lisensi bebas digunakan. Dengan lisensi ini, Anda dapat menggunakan gambar tanpa rasa takut melanggar hak cipta orang lain.

Setiap gambar yang diperoleh dari internet biasanya akan diedit kembali sesuai kebutuhan. Namun, tidak semua gambar dapat diedit dengan aplikasi Adobe Photoshop. Beberapa gambar sulit diedit dengan status Index. Bila dilihat di layer Photoshop, ada tulisan Index (1) dan gambar gembok (2). Beberapa ikon di bawahnya seperti ikon Create a new layer, Create a new group, Create a new fill or adjustment layer dan Add a mask tidak aktif.

Solusi gambar tidak bisa diedit (mode index layer) di Adobe Photoshop

Gambar dengan status Index bertujuan untuk menjaga privasi gambar dan agar tidak mudah diedit. Gambar dalam status Index karena gambar dalam mode Indexed Color. Mode ini membuat gambar dengan menggunakan CLUT (Color Lookup Table) yang menyimpan dan mengindeks sampai 256 warna. Di mode ini, Photoshop akan menaungi gambar dalam file warna 8-bit yang memiliki kualitas gambar kurang tetapi dengan tingkat kompresi tinggi.

Baca artikel Membuat Gambar Sulit Diedit (Mode Index Layer) Di Adobe Photoshop

Untuk pengguna Photoshop tingkat lanjut, tidak bisa mengedit gambar di Phosohop mungkin bukan masalah karena mereka tahu bagaimana mengatasi ini. Untuk pengguna Adobe Photoshop pemula atau yang baru mulai belajar, hal ini tentu sangat membingungkan. Ada beberapa cara agar gambar yang sebelumnya tidak bisa diedit di Adobe Photoshop menjadi bisa diedit kembali.

1. Merubah mode ke RGB Color.

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop dan buka file gambar yang tidak bisa diedit. Klik menu Image (1), pilih submenu Mode (2) dan kemudian pilih RGB Color (3). Saat itu juga, tulisan Index pada gambar berubah menjadi Layer dan gambar gembok akan hilang.

Solusi gambar tidak bisa diedit (mode index layer) di Adobe Photoshop

2. Menggunakan kotak dialog Conditional Mode Change.

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop dan buka file gambar yang tidak bisa diedit. Klik menu File (1), pilih submenu Automate (2) dan kemudian pilih Conditional Mode Change... (3).

Solusi gambar tidak bisa diedit (mode index layer) di Adobe Photoshop

Di kotak dialog Conditional Mode Change yang muncul, klik tombol All (1) untuk memberi tanda centang ke semua kotak centang (check boxes) yang ada di atasnya, dari kotak daftar tarik turun (drop-down box) Mode, pilih RGB Color (2) dan kemudian klik tombol OK (3). Saat itu juga, tulisan Index pada gambar berubah menjadi Layer dan gambar gembok akan hilang.

Solusi gambar tidak bisa diedit (mode index layer) di Adobe Photoshop

3. Menyimpan ulang gambar menggunakan Paint 3D.

Jika Anda pengguna Microsoft Windows 10 dengan update terbaru, terdapat aplikasi bernama Paint 3D. Paint 3D adalah versi perubahan dari Microsoft Paint. Anda dapat membuka gambar yang tidak bisa diedit di Adobe Photoshop di Paint 3D dan kemudian menyimpan ulang gambar tersebut. Paint 3D menyimpan ulang gambar dalam mode RGB yang dapat diedit.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It