Membalika (flip)gambar secara horizontal atau vertikal di Microsoft PowerPoint

Membalik (Flip) Gambar Secara Horizontal Atau Vertikal Di PowerPoint

Sangat sering, ketika membuat slide presentasi di Microsoft PowerPoint, Anda perlu menyisipkan gambar atau obyek lain seperti shape, WordArt, grafik ke dalam slide. Namun terkadang, gambar yang telah disisipkan tidak memuaskan Anda. Gambar tidak terlihat benar-benar seperti yang Anda inginkan. Lebih tepatnya, Anda ingin membalik (flip) gambar tersebut secara horizontal atau vertikal agar terlihat tepat sebagaimana yang diharapkan.

Microsoft PowerPoint dan aplikasi lain di paket Microsoft Office seperti Word dan Excel telah memiliki cukup banyak fitur untuk edit gambar seperti memotong (crop) gambar, menghapus background gambar, mengkompres gambar, merubah warna gambar, memutar ke kanan atau ke kiri 90o dan juga membalik gambar secara horizontal atau vertikal. Untuk membalik gambar, Anda tidak perlu lagi aplikasi khusus edit gambar seperti Adobe Photoshop atau yang lainnya.

Baca artikel Membuat Siluet (Bayangan Hitam) Di PowerPoint

Sebagai contoh perlunya membalik gambar di slide presentasi Microsoft PowerPoint adalah ketika Anda menyisipkan gambar anak panah yang mengarah ke kanan, sedangkan Anda ingin gambar anak panah yang mengarah ke kiri. Anda cukup menggunakan fitur Flip Horizontal untuk membalik secara horizontal gambar anak panah yang mengarah ke kanan sehingga menjadi gambar anak panah yang mengarah ke kiri.

Baca artikel:

Berikut ini adalah cara membalik (flip) gambar atau obyek lain seperti shape, WordArt atau grafik secara horizontal di Microsoft PowerPoint. Cara yang sama juga dapat Anda gunakan atau terapkan di Microsoft Word atau Microsoft Excel.

Jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint dan kemudian sisipkan gambar yang diperlukan ke dalam slide presentasi. Gambar yang disisipkan inilah yang akan dibalik (flip) secara horizontal. Klik pada gambar untuk menyeleksi gambar tersebut.

Membalik (flip) gambar secara horizontal atau vertikal di Microsoft PowerPoint

Klik tab Format (1) yang ada di bawah Picture Tools, di kelompok Arrange, klik tombol Rotate Objects (2) dan kemudian pilih Flip Horizontal (3).

Membalik (flip) gambar secara horizontal atau vertikal di Microsoft PowerPoint

Sekarang, Anda dapat melihat bahwa gambar yang disisipkan telah dibalik (flip) secara horizonal.

Membalik (flip) gambar secara horizontal atau vertikal di Microsoft PowerPoint

Bila Anda ingin membalik gambar secara vertikal, misalnya ingin membalik gambar anak panah yang mengarah ke atas sehingga menjadi gambar anak panah yang mengarah ke bawah, Anda dapat memilih Flip Vertical.

Membalik (flip) gambar secara horizontal atau vertikal di Microsoft PowerPoint
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It