Mengetahui menemukan model kartu grafis di Windows tanpa membuka PC atau laptop

4 Cara Menemukan Model Kartu Grafis Di Windows Tanpa Membuka PC Atau Laptop

Kartu grafis atau graphics card adalah kartu khusus yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan pengolahan grafis tinggi, seperti game, aplikasi edit gambar dan video. Kartu grafis komputer dapat berupa kartu grafis yang terintegrasi (integrated graphics card) atau kartu grafis tambahan (dedicated atau add-on graphics card). Pada umumnya, komputer dengan spesifikasi menengah ke atas memiliki keduanya.

Ada banyak pabrikan kartu grafis terkenal seperti NVidia, AMD, MSI dan Gygabyte. Kartu grafis pada PC memiliki ukuran fisik besar dan tangguh yang dapat dipasang di atau dilepas dari slot ekspansi motherboard. Sedangkan kartu grafis pada laptop sudah menyatu dengan motherboard sehingga sulit untuk dilepas atau diganti. PC atau laptop yang memiliki kartu grafis tambahan biasanya terdapat stiker kecil kartu grafis yang menempel di casing.

Baca artikel Mengetahui Model Motherboard Di Komputer Windows

Lalu bagaimana bila Anda ingin mengetahui model kartu grafis (graphics card) dengan tepat tanpa perlu membuka PC atau laptop. Mengetahui model kartu garfis sangat penting ketika Anda ingin update driver baru yang telah dirilis produsen kartu grafis tersebut atau bila Anda ingin mengganti kartu grafis PC yang sama bila yang ada sudah rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Microsoft Windows memiliki beberapa tool yang dapat menampilkan model kartu grafis yang terpasang di komputer atau Anda dapat juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membuka PC atau laptop untuk mengetahui model kartu grafis dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui atau menemukan model kartu grafis di Windows 10.

1. Melalui Task Manager.

Task Manager adalah utilitas penting di Microsoft Windows yang menyediakan informasi detail tentang aplikasi, proses (processes) dan juga layanan (services) yang saat ini sedang berjalan. Buka atau jalankan Task Manager terlebih dalulu! Cara mudah membuka Task Manager adalah dengan menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc.

Di Task Manager, jika komputer Anda memiliki beberapa kartu grafis (Graphics Processing Unit | GPU), Anda dapat melihat GPU tersebut dengan nama GPU 0, GPU 1 dan seterusnya. Untuk mengetahui model kartu grafis, di jendela Task Manager yang muncul, pastikan Anda berada di tab Performance (1), klik atau pilih GPU, misalnya GPU 1 (2) dan di area sebelah kanan atas, Anda dapat melihat model kartu grafis (3) tersebut.

Mengetahui menemukan model kartu grafis graphics card di windows tanpa membuka PC Laptop

2. Melalui Device Manager.

Device Manager adalah tool Microsoft Windows untuk mengelola berbagai perangkat (device) yang telah terinstal seperti kartu grafis, kartu suara, bluetooth, mouse, keyboard, USB device, monitor, hard drive, kartu jaringan, kamera, baterai dan sebagainya. Device Manager digunakan untuk mengontrol semua perangkat tersebut. Kontrol yang dimaksud adalah melihat atau mengetahui status perangkat, memperbaharui, memasang atau mencopot driver, menghapus perangkat lama yang tidak digunakan dan sebagainya.

Untuk mengetahui atau menemukan model kartu grafis, buka atau jalankan Device Manager terlebih dahulu. Ada beberapa cara membuka atau menjalankan Device Manager. Cara paling mudah adalah melalui pintasan keyboard tombol Windows + R, di kotak dialog Run yang muncul, ketik devmgmt.msc dan kemudian klik tombol OK. Di jendela Device Manager yang muncul, klik anak panah Display Adapters (1) dan Anda dapat melihat model kartu garfis (2).

Mengetahui menemukan model kartu grafis graphics card di windows tanpa membuka PC Laptop

3. Melalui Tool DirectX Diagnostic.

DirectX Diagnostic (DxDiag) adalah tool diagnostik untuk menguji fungsionalitas DirectX dan memecahkan masalah perangkat keras (hardware) seperti audio, display, video and aplikasi multimedia lainnya. Tool ini berguna untuk memecahkan masalah terkait dengan driver perangkat keras tersebut.

Baca artikel Mengetahui Versi DirectX Yang Terpasang Di Windows 7

Untuk mengetahui atau melihat model kartu grafis, gunakan pintasan keyboard tombol Windows + R, ketik dxdiag dan kemudian klik tombol OK. Di jendela DirectX Diagnostic tool yang muncul, klik tab Display (1) dan Anda dapat melihat model kartu grafis (2) yang terpasang.

Mengetahui menemukan model kartu grafis graphics card di windows tanpa membuka PC Laptop

4. Melalui Aplikasi pihak ketiga.

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti GPU-Z untuk mengetahui model kartu garfis. GPU-Z adalah aplikasi gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial, namun Anda tidak diperkenankan mendistribusikan ulang sebagai bagian dari paket komersial. GPU-Z adalah utilitas ringan yang dirancang untuk memberi semua informasi tentang kartu video dan GPU. Setelah diunduh dan diinstal, cukup jalankan, pastikan Anda berada di tab Graphics Card (1) dan Anda dapat mengetahui model kartu grafis (2).

Mengetahui menemukan model kartu grafis graphics card di windows tanpa membuka PC Laptop
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It