Melepas Flashdisk Dari Komputer Tanpa "Safe Remove"

Apa yang Anda lakukan ketika flashdisk selesai digunakan? Kebanyakan pengguna Windows akan melepas (mencabut) flashdisk setelah notifikasi "Safe To Remove Hardware" muncul. Ini adalah langkah yang baik dan dianjurkan ketika ingin melepas flashdisk dari komputer dengan aman untuk menghindari kerusakan pada flashdisk sendiri atau pada datanya.

Namun, bila Anda dalam kondisi terburu-buru dan ingin bertindak cepat, ini bisa menjadi masalah karena melepas flashdisk dari komputer dengan aman perlu waktu. Sebenarnya, melepas flashdisk dari port USB secara aman tidak wajib dilakukan dan juga tidak merusak flashdisk. Setiap flashdisk bisa diatur agar dapat dipasang atau dilepas begitu saja tanpa harus menunggu notifikasi "Safe To Remove Hardware" muncul.

Anda dapat mengubah pengaturan agar flashdisk bisa dilepas begitu saja. Namun demikian, Anda tidak boleh melepas flashdisk saat operasi berlangsung seperti sedang menyalin file, menonton film atau mendengarkan lagu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Baca artikel Melepas Flashdisk Dari Komputer Dengan Aman

Masukkan terlebih dahulu flashdisk ke port USB komputer, tekan tombol logo Windows + C untuk menampilkan charm bar dan kemudian pilih Search. Di kotak pencarian (search box) Search yang muncul, ketikkan "device manager" dan kemudian klik Device Manager.

Baca artikel terkait: Membuka Device Manager Di Windows 10

Melepas flash disk dari komputer tanpa

Dari jendela Device Manager yang muncul, temukan flashdisk Anda (di contoh ini adalah drive dengan nama Kingston DataTraveler G2 USB Device).

Melepas flash disk dari komputer tanpa

Klik kanan pada drive tersebut dan kemudian pilih Properties.

Melepas flash disk dari komputer tanpa

Dari kotak dialog Kingston DataTraveler G2 USB Device Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Policies. Jika opsi pertama yaitu tombol radio (radio button) berlabel Quick removal (default) sudah dipilih, Anda tidak perlu melakukan apa-apa, jika belum, klik tombol radio berlabel Quick removal (default) dan akhiri dengan mengklik tombol OK.

Melepas flash disk dari komputer tanpa
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It