3 Cara Mengubah Atau Mengkonversi Dokumen Microsoft Word Ke PDF

DOCX dan PDF adalah dua format file yang populer dan memiliki jangkauan pengguna yang sangat luas. Dokumen dengan format DOCX banyak dihasilkan karena sangat banyaknya pengguna aplikasi Microsoft Word dan dokumen format PDF banyak digunakan karena keunggulan format PDF dan dukungan banyak aplikasi baik yang bersifat gratis maupun komersial.

PDF adalah salah satu format dokumen yang populer. Awalnya, PDF adalah hak milik (proprietary) dari Adobe System yang kemudian menjadi format file standar terbuka. Ada banyak aplikasi khusus untuk format file PDF, baik aplikasi gratis yang menyediakan fitur standar untuk membuka dokumen PDF maupun aplikasi komersial yang menawarkan fitur mengedit dokumen PDF.

Baca artikel:

Dokumen PDF kompatibel dengan hampir sebagian besar platform yang ada saat ini seperti Windows, macOS dan Linux. Tata letak dan konten dokumen PDF juga tidak berubah ketika dibuka menggunakan aplikasi PDF manapun. Dokumen PDF juga sulit untuk diubah, kecuali dengan aplikasi yang memiliki fitur mengedit dokumen PDF seperti Adobe Acrobat.

Kelebihan yang dimiliki menjadikan format PDF banyak digunakan untuk menyimpan atau mendistribusikan dokumen final atau dokumen penting. Anda dapat menemukan banyak dokumen dalam format PDF di internet. Tidak harus aplikasi khusus untuk format file PDF, aplikasi seperti Microsoft Word sendiri juga memiliki fitur untuk menyimpan atau mengkonversi ke format PDF.

Untuk sekarang ini, hampir tidak ada lagi kesulitan untuk mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF. Dokumen Microsoft Word yang banyak dihasilkan dapat diubah atau dikonversi ke dokumen PDF yang banyak digunakan. Berikut ini adalah cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF:

1. Menggunakan apliksi Microsoft Word.

Secara default, Microsoft Word menyimpan dokumen dalam format DOCX. Microsoft Word juga memiliki fitur untuk menyimpan atau mengekspor dokumen ke format PDF. Jadi, dengan Microsoft Word, Anda dapat dengan mudah mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke format PDF.

Baca artikel:

Buka terlebih dahulu dokumen Microsoft Word yang akan diubah ke format PDF. Klik menu File, di backstage Microsoft Word yang muncul, klik Export (1), kemudian klik atau pilih Create PDF/XPS Document (2) dan selanjutnya klik tombol Create PDF/XPS (3).

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF

Di kotak dialog Publish as PDF or XPS yang muncul, tentukan drive atau folder sebagai tempat penyimpanan (1), beri nama untuk file PDF (2) dan kemudian klik tombol Publish (3).

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF

2. Menggunakan Google Docs.

Google Docs adalah aplikasi pengolah kata atau word processor gratis berbasis web yang dimiliki Google. Google Docs bersama dengan Google Sheets dan Google Slides adalah software office suite yang ada di dalam layanan Google Drive. Google Drive sendiri adalah layanan cloud storage atau penyimpanan awan gratis dari Google.

Untuk mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF menggunakan Google Docs, Anda terlebih dahulu harus mengunggah (upload) dokumen Microsoft Word ke cloud storage atau penyimpanan Google Drive. Untuk mengunggah dokumen Microsoft Word ke Googke Drive, masuk atau login ke akun Google Drive Anda.

Setelah dokumen berada di penyimpanan Google Drive, klik kanan pada dokumen untuk menampilkan menu pintas (1), pilih Open with (2) dan kemudian pilih atau klik Google Docs (3).

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF

Kini, dokumen Microsoft Word dibuka di Google Docs. Untuk mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF, klik menu file (1), pilih Download dan kemudian klik PDF Document (.pdf) (3).

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF

Di kotak dialog Save As yang muncul, tentukan drive atau folder penyimpanan (1), beri nama untuk file PDF (2) dan kemudian klik tombol Save (3).

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF

3. Menggunakan konversi online.

Ada banyak layanan konversi dokumen online, misalnya PDF Converter. PDF Converter adalah aplikasi PDF berbasis web yang menyediakan banyak fitur terkait PDF, salah satunya adalah mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF. Untuk mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF, kunjungi halaman PDF Converter untuk Word to PDF Converter.

Klik tombol Choose Word file (1) atau Anda dapat menggunakan teknik drag and drop file (2) untuk mengunggah (upload) dokumen Microsoft Word.

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF

Di kotak dialog Open yang terbuka, tentukan drive atau folder tempat dokumen Microsoft Word disimpan (1), pilih dokumen Microsoft Word yang ingin diubah atau dikonversi ke PDF (2) dan kemudian klik tombol Open (3) untuk mengunggah (upload) dokumen tersebut.

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF

Dokumen Microsoft Word diunggah dan langsung diubah atau dikonversi ke PDF. Klik tombol Download untuk mengunduh hasil ubahan atau konversi ke PDF dan menyimpannya ke dalam komputer Anda atau Anda dapat meyimpan ke online storage seperti Google Drive dan Dropbox.

Cara mengubah atau mengkonversi dokumen Microsoft Word ke PDF
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It