SWF adalah format file Adobe Flash yang ditujukan untuk multimedia, vector graphics dan Action Script. File SWF berisi animasi dan applet dengan interaktifitas dan fungsi yang beragam. File SWF dapat dihasilkan dari beberapa aplikasi Adobe seperti Flash, Flash Builder dan After Effects, beberapa aplikasi open source seperti Motion-Twin ActionScript 2 Compiler (MTASC), Ming library dan SWFTools dan program pihak ketiga seperti Multimedia Fusion 2, Captivate dan SWiSH Max. Sekarang ini, SWF menjadi file format dominan untuk menampilkan grafis vektor animasi di web.

Bila disertakan di laman web, file flash dapat menambah keindahan laman web itu sendiri. Ini bisa menjadi salah satu daya tarik untuk pengunjung website. File flash (SWF) adalah salah satu format file yang juga didukung di CMS Joomla. Anda dapat membuat file flash dan mengunggah (upload) file tersebut di folder images atau subfolder dari folder images di Joomla.

Bila file flash sudah diunggah di folder images atau di subfolder dari folder image, Anda kemudian dapat menampilkannya di dalam artikel atau di posisi modul tertentu yang diinginkan. Anda dapat menggunakan Editor Joomla TinyMCE untuk menambahkan file flash ke dalam artikel atau sebagai modul. Berikut ini adalah cara menambahkan (menyisipkan) file flash (swf) ke dalam artikel Joomla:

Artikel menarik lainnya:

Pastikan Anda telah mengunggah file flash (.swf) di folder images atau subfolder dari folder images. Buat atau buka artikel artikel Joomla yang akan ditambah file flash. Tentukan letak file flash akan ditampilkan di artikel Joomla (1) dan kemudian klik tombol Insert/edit media (2) dari editor TinyMCE.

Menambahkan menyisipkan file flash swf di artikel Joomla

Di jendela Insert/edit media yang muncul, di tab General, tentukan atau isi kotak teks berlabel Source dengan path ke penyimpanan file flash dan kotak teks berlabel Dimensi dengan dimensi atau ukuran file flash ditampilkan (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Menambahkan menyisipkan file flash swf di artikel Joomla

Bingkai warna biru dengan ukuran sesuai dimensi yang ditentukan sebelumnya dan masih dalam kondisi diseleksi ditambahkan (1). Bila Anda ingin menampilkan file flash di posisi tengah, klik tombol Align center (2). Bila dirasa sudah cukup, simpan artikel Joomla dengan mengklik tombol Save & Close.

Menambahkan menyisipkan file flash swf di artikel Joomla

Sekarang, Anda dapat membuka kembali artikel Joomla yang telah ditambah file flash. Anda dapat melihat frame flash dengan tulisan "Click to enable Adobe Flash Player" yang meminta Anda untuk mengklik frame tersebut untuk menjalankan file flash.

Menambahkan menyisipkan file flash swf di artikel Joomla

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It