Membuat teks atau tulisan tebal (bold) dengan HTML

Bagaimana membuat teks atau tulisan tebal (bold) di Microsoft Word? Anda cukup menyorot teks dan kemudian menekan tombol Bold di kelompok Font dari tab Home atau menggunakan pintasan keyboard CRTL+B. Dari beberapa versi Microsoft Word sebelumnya, Anda tetap menggunakan salah satu dari dua cara ini dan tidak berubah sampai sekarang. Lalu, bagaimana bila ingin menebalkan atau membuat teks tebal dengan HTML?

Ada dua cara untuk menebalkan teks tertentu di laman web. Anda dapat menggunakan tag HTML atau melalui style CSS. Di HTML, ada dua elemen (tag) yang bisa digunakan untuk membuat teks tertentu menjadi tebal (bold) yaitu elemen b atau tag <b> dan elemen strong atau tag <strong>. Web browser akan menampilkan (render) penggunaan dua elemen atau tag HTML ini sama persis.

Baca artikel Cara Membuat Teks Tebal (Bold) Dengan CSS

Meskipun memberi hasil tampilan yang sama, tag <b> dan <strong> mempunyai peran berbeda. Karena elemen atau tag HTML menyusun struktur dan konten, Anda perlu menggunakan sesuai spesifikasi HTML5. Tag <b> akan menampilkan teks tebal yang tidak dimaksudkan untuk memberi penekanan penting, sedangkan tag <strong> akan menampilkan teks tebal untuk menunjukkan informasi penting yang ada di laman web.

Artikel lain terkait elemen (tag) HTML:

Sekarang, sudah mulai ada pergeseran untuk tidak menggunakan elemen b atau tag <b>. Bila Anda bermaksud untuk memberi style tebal, Anda seharusnya menggunakan property CSS font-weight. Bila Anda bermaksud memberi penekanan pada informasi penting, Anda seharusnya menggunakan elemen strong atau tag <strong>. Berikut ini adalah contoh sederhana membuat teks tebal (bold) dengan HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
</head>
<body>

<h2>Elemen b dan strong HTML.</h2>

<p>Aplikasi pengolah kata (word processor) seperti OpenOffice.org Writer dan LibreOffice Writer bisa menjadi alternatif untuk <b>Microsoft Office Word</b>.</p>
<p>Microsoft terus mendorong pengguna Windows beralih ke <strong>Microsoft Windows 10</strong> untuk mendapatkan sisi keamanan yang lebih baik dan fitur-fitur baru.</p>

</body>
</html>

Berikut ini hasil tampilan (rendering) di web browser Google Chrome:

Cara membuat teks atau tulisan tebal (bold) dengan HTML

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It