Kemajuan internet yang diikuti dengan teknologi pendukungnya menjadikan penyimpanan di web sebagai favorit dan banyak diminati saat ini. Penyimpanan di web kini menjadi tempat penyimpanan file, program, film atau video. Banyak aplikasi web dan web browser memiliki kemampuan untuk mengunduh (download) dan menyimpan unduhan di penyimpanan lokal di PC atau penyimpanan eksternal lainnya.

Namun untuk mengunduh file, program, film atau video berukuran besar, fitur pada website atau ekstensi pada web browser tidak akan bisa maksimal. Fitur atau ekstensi tersebut biasanya hanya mempunyai fungsi standar, tidak memiliki fungsionalitas dan kapabilitas tambahan. Anda perlu software khusus download manager untuk mengunduh file, program, film atau video berukuran besar tersebut.

Software download manager umumnya adalah aplikasi desktop yang perlu diinstal di komputer. Download manager juga memiliki fitur lanjutan seperti mengelola dan menjadwal unduhan, meneruskan unduhan yang terputus, memindai virus sebelum mengunduh, mempercepat proses unduh dengan mengunduh dari berbagai sumber dan lain sebagainya. Ada cukup banyak software download manager gratis yang bisa diunduh dan digunakan.

Berikut ini adalah beberapa software download manager gratis terbaik untuk komputer Windows Anda:

1. Internet Download Accelerator (IDA).

Aplikasi download manager gratis terbaik Microsoft Windows

Internet Download Accelerator (IDA) memiliki fitur mengemas sekumpulan unduhan melalui variabel URL, melakukan pemindaian virus untuk keamanan unduhan, menggunakan hotkey dan mengunduh otomatis dengan ekstensi file tertentu yang dapat dipilih. IDA memiliki fitur memantau browser sehingga file dapat diunduh dengan IDA. IDA menawarkan opsi mengunduh dengan protokol HTTP, HTTPS dan FTP.

IDA juga dapat mengintegrasikan toolbar yang dimiliki dengan web browser Firefox untuk mengunduh file dengan mudah. IDA menyediakan plugin untuk keperluan mengunduh yang akan memperluas fungsionalitas keseluruhan apliaksi IDA. IDA hanya bisa dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows.

2. Free Download Manager (FDM).

Aplikasi download manager gratis terbaik Microsoft Windows

Free Download Manager (FDM) adalah salah satu software download gratis yang bisa digunakan. FDM dapat mengunduh beberapa unduhan sekaligus, mengunduh torrent, melihat pratinjau file ZIP sebelum diunduh, membatalkan unduhan file tertentu dari folder terkompresi, mengunduh seluruh situs web, melanjutkan unduhan yang terputus, mengontrol alokasi bandwidth untuk semua unduhan dan lain sebagainya.

Bila Anda mengunduh beberapa unduhan sekaligus, unduhan diurutkan sesuai urutannya dalam FDM. Namun demikian, Anda dapat memindahkan unduhan tertentu ke atas atau ke bawah untuk menentukan prioritas. FDM juga mempunyai fitur penjadwalan unduhan hanya terjadi pada hari-hari tertentu saja.

3. Download Accelerator Manager (DAM).

Aplikasi download manager gratis terbaik Microsoft Windows

Download Accelerator Manager (DAM) dapat mengambil dan mengunduh video dan musik web dari situs seperti YouTube, Facebook atau MetaCafe. Anda dapat menggunakan Download Accelerator Manager untuk mengunduh dengan kinerja maksimal. DAM secara dinamis mampu untuk membagi unduhan saat proses mengunduh berlangsung, sedangkan kebanyakan download manager lain mampu melakukan hal sama sebelum proses mengunduh dimulai.

DAM mampu memulihkan unduhan karena kehilangan koneksi, pemadaman listrik atau masalah jaringan. DAM dapat terhubung ke internet, mengunduh, memutuskan sambungan dan mematikan komputer setelah selesai. DAM mendukung cookie web, proxy, HTTP, HTTPS dan protokol FTP.

4. JDownloader.

Aplikasi download manager gratis terbaik Microsoft Windows

Salah satu fitur keren yang ada di JDownloader dan membedakannya dengan software download manager lain adalah kemampuan pengelolaan dari jarak jauh. Anda dapat menggunakan aplikasi mobile atau menggunakan website My JDownloader untuk memulai, menghentikan dan memantau unduhan dari manapun. JDownloader memiliki fitur LinkGrabber yang menambahkan tautan unduhan dari clipboard langsung ke program sehingga unduhan dapat dimulai setelah tautan disalin.

JDownloader menyediakan tombol kontrol seperti putar, pause dan berhenti di bagian atas program yang membuat kontrol unduhan yang tertunda menjadi sangat mudah. Di bagian bawah, Anda juga dapat mengontrol kapan saja kecepatan unduhan, jumlah koneksi dan unduhan simultan.

5. Download Accelerator Plus (DAP).

Aplikasi download manager gratis terbaik Microsoft Windows

Download Accelerator Plus (DAP) adalah software download manager yang telah dikemas dengan peningkatan terkini dalam teknologi mengunduh. DAP menyediakan satu dari cara termudah dan tercepat dalam mentransfer file dari internet. DAP memiliki fitur link checker untuk memastikan bahwa Anda tidak membuang waktu dengan unduhan yang rusak.

Fitur lain dari DAP adalah kemampuan untuk mengunduh cepat, melihat info tentang file unduhan sebelum diunduh, memastikan bahwa file unduhan aman dan valid, memeriksa konten saat proses mengunduh dimulai dan banyak lagi yang lain. DAP juga menyediakan add-on dari komunitas pengembang seperti FTP browser, ZIP preview dan DAPsters Manager.

6. Xtreme Download Manager (XDM).

Aplikasi download manager gratis terbaik Microsoft Windows

Xtreme Download Manager (XDM) memiliki antarmuka (user interface) sederhana dibandingkan dengan software download manager lainnya. XDM dapat meningkatkan kecepatan mengunduh sampai 500%, dapat menghemat streaming video YouTube, DailyMotion, Facebook, Vimeo, Google Video dan banyak lagi situs lainnya. XDM mampu melanjutkan unduhan yang rusak atau mati serta penjadwalan dan konversi file unduhan.

XDM terintegrasi dengan banyak browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera serta browser berbasis Chromium dan Firefox untuk mengambil alih unduhan dan menyimpan video streaming dari web. XDM memiliki fitur konversi video bawaan untuk mengkonversi video ke format berbeda dan dapat ditonton melalui ponsel dan TV.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It