Fitur shrink to tit menyesuaikan teks angka agar pas di sel Excel
Fitur Shrink To Fit Menyesuaikan Teks Angka Agar Pas Di Sel Excel

AutoFit Column Width adalah fitur hebat Microsoft Excel yang secara otomatis dapat menyesuaikan panjang data yang ada di sel Excel, baik data teks maupun angka. Jika panjang teks maupun angka di setiap kolom berbeda, maka lebar setiap kolom secara otomatis akan menyesuaikan dengan mengambil teks atau angka yang terpanjang.

Secara default, lebar sel (kolom) Excel adalah 8.43 karakter atau 64 piksel. Jika Anda memasukkan data teks yang panjang, maka teks akan merentang melewati sel di sebelah kanannya dan tetap terlihat sampai Anda memasukkan teks atau angka di sel sebelah kanan tersebut, sedangkan untuk angka dengan panjang 12 digit atau lebih, akan diubah ke notasi ilmiah (eksponensial).

Ada kalanya, ketika Anda membuat tabel Excel, sudah ada ketentuan lebar sel (kolom) untuk data tertentu sehingga teks atau angka yang panjang harus diupayakan pas dengan lebar sel (kolom) Excel. Anda bisa menggunakan fitur Wrap Text Excel, namun tinggi sel (baris) akan berubah menyesuaikan panjang dari teks atau angka yang ditampung.

Selain itu, agar teks atau angka tetap pas dengan lebar sel (kolom) Excel yang sudah ditetapkan, Anda dapat menggunakan fitur Excel yang lain yaitu Shrink to Fit. Fitur Shrink to Fit Excel akan secara otomatis mengurangi ukuran font dari teks atau angka yang ada di dalam sel sehingga pas dengan lebar sel (kolom) Excel.

Bila Anda ingin menggunakan fitur Shrink to Fit untuk menyesuaikan teks agar pas di sel Microsoft Excel, berikut ini adalah caranya:

Buka dokumen atau buat dokumen Excel baru yang datanya ingin diberlakukan fitur Shrink to fit.

Fitur shrink to tit menyesuaikan teks angka agar pas di sel Excel

Klik header kolom B (1) untuk menyorot atau menyeleksi semua data yang ada di kolom tersebut. Klik kanan (righ-click) di salah sel yang disorot atau diseleksi untuk menampilkan menu pintas dan kemudian klik Format Cell... (2).

Fitur shrink to tit menyesuaikan teks angka agar pas di sel Excel

Di kotak dialog Format Cell yang muncul, pastikan Anda berada di tab Aligment (1), klik kotak centang (check box) Shrink to fit (2) untuk mencentang dan kemudian klik tombol OK (3) untuk mengakhiri.

Fitur shrink to tit menyesuaikan teks angka agar pas di sel Excel

Sekarang Anda dapat mencoba dengan mengurangi atau memperkecil lebar kolom NAMA, maka ukuran font untuk nama nomor 1, 3, dan 8 menjadi lebih kecil secara otomatis.

Fitur shrink to tit menyesuaikan teks angka agar pas di sel Excel
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI BILA BERMANFAAT
Pin It