Membuat Teks Mudah Dibaca Dengan Fitur ClearType Windows

Teks di layar komputer seharusnya memiliki tampilan baik dan mudah dibaca. Di Windows, Anda dapat memaksimalkan tampilan teks menjadi lebih baik dan enak dibaca dengan fitur ClearType. ClearType adalah font technology yang membuat teks menjadi lebih tajam dan bersih seperti teks yang tercetak di kertas putih. Fitur ClearType dapat bekerja maksimal di monitor LCD dan LED. Bila monitor komputer masih CRT (Cathode Ray Tube), tetap akan memberi hasil terbaik.

Fitur ClearType pertama kali hadir di Windows XP dan secara default masih dinonaktifkan. Di Windows Vista dan 7, fitur ini telah diaktifkan karena mayoritas monitor komputer telah menggunakan LCD. Fitur ClearType memanfaatkan multiple color shading pada teks untuk membuat lebih mudah dibaca, sedangkan tampilan teks tradisional hanya memperlihatkan pixel warna hitam di layar monitor. Untuk mengaktifkan fitur ClearType, berikut ini adalah caranya:

Baca artikel Mengubah Ukuran Tampilan Teks Dan Obyek Lain Windows 7

Klik tombol Start > Control Panel > Appearance and Personalization.

Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType

Di kelompok Font yang terletak paling bawah, klik tautan (link) Adjust ClearType text.

Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType

Di jendela ClearType Text Tuner yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) Turn on ClearType.

Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType

Klik tombol Next untuk mengatur monitor ke resolusi natif.

Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType

Berikutnya, Anda akan diminta untuk menentukan tampilan teks paling baik menurut Anda dari daftar pilihan yang ada. Pilihan yang disorot adalah pengaturan teks saat ini dan Anda dipersilahkan untuk menentukan tampilan teks terbaik menurut Anda. Menentukan pilihan tampilan teks akan dilakukan sebanyak 4 kali dan Anda cukup menekan tombol Next untuk menentukan pilihan tampilan teks berikutnya.

Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType Membuat teks mudah mudah dibaca dengan fitur ClearType

Jika proses menentukan pilihan tampilan teks selesai, klik tombol Finish untuk mengakhiri. Jika Anda merasa ada sesuatu yang keliru dalam proses menentukan pilihan tampilan teks, Anda dapat mengulangi kembali fitur ClearType dengan mengubah pilihan tampilan teks yang berbeda dari sebelumnya.

Membuat teks mudah dibaca dengan fitur ClearType
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It