phpMyAdmin adalah aplikasi web untuk mengelola database MySQL dan MariaDB melalui web browser. phpMyAdmin ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. phpMyAdmin telah menjadi tool yang sangat populer untuk mengelola kedua database tersebut. Dalam mengelola database, phpMyAdmin menggunakan interfes grafis (GUI) sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna yang kurang menguasai program client berbasis teks bawaan kedua database tersebut.

phpMyAdmin sendiri memiliki dua tema (theme) bawaan yaitu Original dan pmahomme. Secara default, tema pmahomme yang digunakan. Namun bila kedua tema tersebut dirasa belum cukup, Anda dapat mengunduh tema lain dari situs resminya di phpmyadmin.net. phpMyAdmin mulai mendukung tema sejak versi 2.6.0. Tidak semua tema kompatibel dengan semua versi phpMyAdmin. Oleh karena itu, Anda perlu memilih tema yang sesuai dengan versi phpMyAdmin yang Anda gunakan.

Bila Anda sering menggunakan phpMyAdmin di web server lokal atau di web hosting, Anda dapat merubah tema default ini untuk menghindari kejenuhan dan agar tidak terkesan monoton. Merubah tema phpMyAdmin dari satu tema ke tema lain tidaklah sulit. phpMyAdmin memberikan langkah yang cukup sederhana dan jelas bagi siapapun melalui interfes grafis. Berikut ini adalah caranya:

Bila Anda menggunakan phpMyAdmin di web hosting, masuk terlebih dahulu ke akun cPanel dan dikelompok Databases, klik atau pilih phpMyAdmin.

Merubah tema default phpmyadmin

Di laman yang terbuka, pastikan Anda berada di laman Home phpMyAdmin dengan mengklik tombol Home (1), di bagian Appearance settings, klik kotak daftar tarik turun (drop down) berlabel Theme (2) dan kemudian pilih Original (3).

Merubah tema default phpmyadmin

Tunggu beberapa saat dan tema phpMyAdmin akan berubah menggunakan tema Original.

Merubah tema default phpmyadmin

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner