Cara mengaktifkan Apache Gzip Compression di cPanel

Mengaktifkan Apache GZip Compression Di Hosting Melalui cPanel

Jika Anda membuat blog atau website menggunakan Content Management System (CMS) seperti Joomla, Wordpress, Drupal atau yang lain, Anda perlu menggunakan layanan hosting untuk meletakkan semua file blog atau website beserta database-nya. Blog atau website Joomla, Wordpress, Drupal dapat berjalan baik di hosting Linux dengan web server Apache. Di dalam mengelola blog atau website yang ada di layanan hosting, Anda perlu menggunakan cPanel.

Salah satu fitur cPanel untuk meningkatkan performa blog atau website adalah Optimize Website dengan mengaktifkan GZip compression (kompresi GZip). GZip compression ini digunakan untuk mengkompres konten blog atau website sehingga dapat mempercepat waktu muat halaman (load time), menghemat bandwidth dan meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Kompresi GZip mereduksi ukuran file sebelum web server mengirimnya ke web browser.

Baca artikel Mengkompresi (Zip) Dan Mengekstrak (Unzip) File Windows

GZip compression mampu untuk mereduksi ukuran halaman blog atau website lebih dari 70%. Proses mengkompresi dan dekompresi juga memerlukan sedikit waktu dibandingkan mengirim file berukuran besar, ukuran file apa adanya, melalui internet. Web browser kemudian akan melakukan dekompresi sebelum halaman blog atau website ditampilkan. Secara standar, GZip compression di cPanel dinonaktifkan.

Baca artikel Mengurangi Ukuran (Kompresi) File Gambar Di Word

GZip compression sendiri bergantung pada modul mod_deflate dari web server Apache. Untuk mengkompresi konten blog atau website menggunakan Optimize Website dengan mengaktifkan GZip compression. Berikut ini adalah langkahnya:

Masuk ke akun cPanel Anda, di kelompok Saftware, klik tombol Optimize Website.

Mengaktifkan Apache GZip Compression di cPanel

Di laman Optimize Website yang muncul, terdapat 3 opsi untuk mengkompresi konten blog atau website yaitu:

  • Disable: Ini adalah opsi default, GZip compression dinonaktifkan.
  • Compress All Content: Opsi ini mereduksi ukuran semua komponen blog atau website yang diperlukan web browser. Memilih opsi ini akan mengkompresi semua konten blog atau website.
  • Compress the specified MIME types: Opsi ini mengkompresi tipe file tertentu. Anda perlu menggunakan MIME types dengan sintaksis type/subtype. Gunakan huruf kecil semua untuk menulis MIME types. Untuk teks contohnya adalah text/css, text/html, text/javascript, untuk gambar contohnya adalah image/jpg, image/jpeg, image/png, image/gif dan untuk aplikasi contohnya adalah application/atom_xml, application/x-javascript.

Mengaktifkan Apache GZip Compression di cPanel

Pilih opsi yang Anda ingin gunakan, misalnya Compress the specific MIME types (1) dan kemudian klik tombol Update Settings (2). Sebuah pesan akan muncul yang memberitahu tipe konten yang akan dikompresi oleh server. Pesan berbeda juga muncul bila memilih opsi Compress All Content.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It