Dunia internet memberi banyak hal yang Anda diinginkan dan juga kemudahan melakukan sesuatu. Anda bisa mendapatkan hiburan dan informasi apapun atau membeli sesuatu secara online tanpa harus datang ke tempat. Internet seakan menyediakan dan memudahkan banyak hal untuk Anda. Sekarang ini, orang sudah benar-benar bergantung pada internet. Hampir semua orang terkoneksi ke internet setiap hari untuk melakukan aktivitas online mereka.

Banyak Orang tidak menyadari bahayanya internet. Internet bukan tempat yang aman atau tempat tanpa resiko. Untuk mereka yang menyadari, internet adalah tempat berbahaya untuk siapa saja. Bahaya dan resiko yang dimaksud ada pada privasi Anda. Ketika Anda terhubung ke internet, informasi tentang Anda dapat diperoleh dengan mudah. IP address, lokasi geografis, aktifitas di internet dan banyak hal lain tentang Anda bisa diketahui.

Baca artikel Mengenal Opera GX, Gaming Browser Pertama

Banyak pihak memanfaatkan privasi seseorang untuk kepentingan mereka. Misalnya, perusahaan periklanan menggunakan privasi untuk menampilkan iklan yang tepat. ISP melacak Anda untuk memperlambat koneksi ketika Anda menggunakan paket data yang terlalu besar atau agar Anda melakukan upgrade ke paket layanan yang lebih tinggi dan masih banyak pihak lainnya yang juga berkepentingan dengan privasi seseorang termasuk juga pemerintah.

Sekarang, banyak orang yang sering atau setiap hari terhubung ke internet menyadari dan memberi perhatian pada privasi. Mereka berupaya agar terhubung ke internet secara anonim yaitu bagaimana saat browsing web, informasi pribadi tidak bocor atau terekspos meskipun sebenarnya sulit. Banyak pakar merekomendasikan untuk menggunakan virtual private network (VPN) untuk keamanan data penting dan privasi yang lebih baik.

Baca artikel:

Alternatif lainnya yang tidak perlu biaya dan dapat mengurangi kebocoran informasi pribadi adalah menggunakan browser anonim (anonymous browser). Browser anonim dapat memproteksi atau menyembunyikan privasi online. Ada cukup banyak browser anonim. Berikut ini adalah 5 browser anonim terbaik yang bisa Anda gunakan:

1. Browser Tor.

Browser anonim terbaik yang memberi keamanan privasi

Di antara browser anonim, browser Tor cukup terkenal. Browser Tor menjadi salah satu yang terbaik diantara browser anonim lainnya. Browser Tor bekerja dengan mengalihkan lalu lintas internet atau komunikasi melalui jaringan server Tor sebelum sampai tujuan. Jaringan server Tor ini dijalankan oleh sukarelawan di seluruh dunia. Dengan pengalihan lalu lintas melalui beberapa server Tor, akan sulit terdeteksi dari mana lalu lintas internet berasal dan ke mana tujuannya.

Browser Tor dibangun berbasis pada browser Mozilla Firefox yang telah banyak dimodifikasi untuk meningkatkan keamanan dan privasi. Satu-satunya kekurangan dari browser Tor adalah tidak secepat browser anonim lainnya. Hal ini dikarenakan proses pengalihan lalu lintas internet ke beberapa server sebelum sampai tujuan. Namun untuk keamanan privasi online Anda, kecepatan yang menurun dapat dianggap bukan masalah. Browser Tor dapat berjalan di Windows, macOS dan Linux.

Baca artikel Mozilla Firefox Baru Dimulai Dari Firefox Quantum

2. Browser Epic Privacy.

Browser anonim terbaik yang memberi keamanan privasi

Berbeda dengan browser Tor yang dibangun berbasis pada Firefox, Browser Epic Privacy dibangun berbasis pada Chromium. Jadi, bila Anda pengguna Google Chrome, Anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan browser Epic Privacy. Browser Epic Privacy memberi keamanan privasi melalui built-in proxy yang akan menyembunyikan alamat IP (IP address) sehingga menyulitkan pelacakan. Browser Epic Privacy secara default dalam mode private browsing.

Browser Epic Privacy tidak mengizinkan plug-in dan membatasi situs web menampilkan iklan. Setelah Anda selesai menjelajahi internet dan menutup browser Epic Privacy, maka riwayat penelusuran, cookie, cache web, database dan yang lain akan dihapus otomatis sehingga tidak ada sesuatu yang akan membahayakan privasi Anda. Browser Epic Privacy menjadi salah satu browser yang mampu memberi keamanan terbaik pada privasi Anda. Browser Epic Privacy dapat berjalan di Windows dan macOS.

3. Browser Brave.

Browser anonim terbaik yang memberi keamanan privasi

Sama seperti browser Epic Privacy, browser Brave dibangun berbasis pada Chromium dan Blink engine. Kesan awal browser ini sama seperti Google Chrome dan bahkan mendukung ekstensi yang ada pada Google Chrome. Browser Brave menawarkan perlindungan bawaan (built-in protection) terdahap pelacak iklan (ad tracker), cookie pihak ketiga dan berbagai potensi ancaman lain terhadap privasi Anda.

Browser Brave termasuk salah satu browser cepat yang mampu memuat laman web 2 hingga 8 kali lebih cepat dari Google Chrome dan Safari. Selain cepat, browser Brave juga menawarkan reward (hadiah) untuk penggunanya dalam bentuk Basic Attention Token (BAT). Anda dapat menguangkan token yang telah dikumpulkan pada akhir bulan atau sesuai siklus Brave. Token dapat diperoleh gratis dengan cara menginstal browser Brave dan melakukan registrasi. Browser Brave dapat berjalan di Windows, macOS, Linux, Android dan iOS.

4. Browser SRWare Iron.

Browser anonim terbaik yang memberi keamanan privasi

Satu lagi browser berbasis pada kode sumber Chromium yang memberi perlindungan pada privasi Anda yaitu browser SRWare Iron. SRWare Iron adalah browser open source yang dikembangkan oleh perusahaan Jerman, SRWare, dengan tujuan menghilangkan pelacakan pengguna dan berbagai fungsi yang membahayakan privasi yang ada pada Chrome. Browser SRWare Iron yang mendapat sebutan browser masa depan ini dapat berjalan di Windows, macOS, Linux dan Android.

5. Browser Comodo IceDragon.

Browser anonim terbaik yang memberi keamanan privasi

Dari namanya, Anda mungkin sudah bisa menduga pengembang dari browser Comodo IceDragon. Browser anonim ini dikembangkan oleh Comodo, perusahaan yang sudah terkenal dengan produk keamanan antivirus, firewall dan internet security. Browser Comodo IceDragon dibangun berbasis pada core build browser Mozilla Firefox dengan peningkatan pada keamanan, kinerja dan juga fitur. Browser Comodo IceDragon sepenuhnya kompatibel dengan add-on atau plugin Mozilla Firefox.

Browser Comodo IceDragon menawarkan keamanan tingkat atas yang akan melindungi privasi Anda dari pihak ketiga. Salah satu fitur penting adalah mode tervirtualisasi yang mengisolasi browser dari sistem host. Fitur ini dapat diperoleh dengan menginstal antivirus atau internet security dari Comodo. Comodo juga menawarkan browser anonim lain yaitu browser Comodo Dragon yang berbasis pada Chromium dan memiliki perlindungan sama baik seperti browser Comodo IceDragon.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It