5 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Android

Tidak seperti Windows yang memiliki File Explorer, sistem operasi mobile Android tidak dilengkapi dengan aplikasi pengelola file (file manager) bawaan sehingga sulit mengelola file dan folder di perangkat Android. Aplikasi file manager di Android cukup penting untuk menelusuri file, memindahkan file ke lokasi lain, mengganti nama file, copy-paste file, membuat folder baru dan lain sebagainya.

Ada cukup banyak pertanyaan mengapa Android yang begitu populer dan banyak digunakan tidak memiliki aplikasi file manager yang penting ini? Android adalah sistem operasi mobile sumber terbuka (open source) yang menyediakan fungsi dasar, sedangkan fungsi lain yang dianggap perlu diserahkan kepada produsen ponsel atau pengembang (developer) Android untuk membuatnya.

Baca artikel:

Seandainya aplikasi file manager ada di Android, ini akan memberi pengaruh dan dampak besar pada developer Android. Anda tahu bahwa kesuksesan Android juga bergantung pada developer Android. Anda pastinya juga akan menggunakan aplikasi file manager yang sama selamanya. Tidak ada produsen ponsel atau developer Android yang mengembangkan file manager versi mereka. Anda tidak memiliki pilihan aplikasi file manager untuk mengelola file.

Baca artikel:

Sebenarnya, produsen ponsel juga telah menyertakan beberapa aplikasi bawaan (built-in) buatan sendiri pada ponsel mereka, salah satunya adalah aplikasi file manager. Jika Anda pengguna ponsel Xiaomi, sudah ada file manager bernama Mi File Manager buatan Xiaomi sendiri. Demikian juga dengan produsen ponsel lain seperti Samsung, Motorola, Realme dan yang lainnya juga menyertakan aplikasi file manager mereka.

Aplikasi file manager bawaan produsen ponsel terkadang kurang memenuhi harapan karena memiliki fungsi terbatas. Bila kurang puas, Anda dapat menggunakan aplikasi file manager dari pihak ketiga yang lebih kuat dan menawarkan fungsi lebih banyak. Di Google Play store, ada banyak pilihan aplikasi file manager, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut ini adalah 5 aplikasi file manager terbaik untuk perangkat Android:

1. Total Commander.

Aplikasi file manager terbaik untuk Android

Sebagai pengguna Windows, Anda mungkin mengenal Total Commander. Total Commander adalah aplikasi pihak ketiga seperti File Explorer pada Windows, namun memiliki fitur lebih lengkap seperti FTP client bawaan, komparasi file, navigasi file arsip dan batch rename. File manager Total Commander untuk Android didasarkan pada aplikasi dekstop yang sukses dan telah memiliki nama tersebut.

Seperti di versi desktop, Total Commander untuk Android juga mendukung fitur drag-and-drop file individu maupun seluruh subdirektori di dalam penyimpanan internal perangkat. Anda juga dapat menggunakan akses FTP atau SFTP untuk mengunggah (upload) ke cloud storage seperti Google Drive, OneDrive dan Dropbox dengan menambahkan plugin yang dapat diunduh dari website resmi Total Commander.

Selain fitur dasar yang umum ada pada file manager, Total Commander masih memiliki banyak fitur menarik lainnya seperti untuk mengkonfigurasi ukuran dan jenis font, beralih antar mode gelap dan terang, mengaktifkan suara notifikasi, mengirim file via bluetooth, bookmark, zip packer, Unpack zip, text editor bawaan, fungsi pencarian cepat dan LAN access. Total Commander dapat diunduh di Google Play store.

2. Solid Explorer.

Aplikasi file manager terbaik untuk Android

File manager Solid Explorer memiliki tampilan modern yang dirancang sesuai standar baru material design untuk antarmuka Android. Dibandingkan dengan file manager kompetitor, Solid Explorer lebih baik, cepat dan juga solid. Solid Explorer mudah dioperasikan ketika mengelola file di memori dan SD card perangkat Android.

Solid Explorer mendukung cloud storage seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox dan MEGA. Anda juga dapat mengkoneksikan ke PC Windows dan remote server melalui FTP, SFTP dan WebDav. File manager memiliki banyak fitur seperti dukungan untuk file Zip, 7Zip, RAR dan TAR, text editor, pemutar music, penampil gambar, batch rename, drag-and-drop file, enkripsi file dan pencarian cepat. Fitur tambahan lain juga dapat diperoleh saat instalasi plugin.

3. Simple File Manager Pro.

Aplikasi file manager terbaik untuk Android

File manager lain yang layak untuk dipilih adalah Simple File Manager Pro. Sebagaimana Solid Explorer, file manager ini juga dirancang sesuai dengan pedoman material design. File Manager Pro adalah pengelola file dan folder yang cepat, profesional dan juga mudah dioperasikan untuk perangkat Android. Tidak seperti dua file manager di atas, Simple File Manager Pro tidak menawarkan akses ke akun cloud storage.

Simple File Manager Pro memiliki fitur lengkap untuk mengelola file seperti pencarian, navigasi, copy & paste, potong, hapus, ganti nama, dekompresi, transfer, unduh, atur dan sebagainya. Fitur lain yang berlaku untuk file, folder dan aplikasi meliputi tambah, hapus dan edit. Simple File Manager Pro juga menyertakan beberapa fungsi keamanan tambahan. Karena hanya bekerja pada file lokal di perangkat Android, Simple File Manager Pro tidak memerlukan akses internet.

4. ASTRO File Manager.

Aplikasi file manager terbaik untuk Android

ASTRO File Manager adalah pengelola file gratis untuk Android yang memiliki fungsi utama sebagai file explorer, pembersih penyimpanan serta manajer penyimpanan dan pengatur file. ASTRO File Manager memungkinkan pengelolaan penyimpanan lokal dan cloud serta membolehkan mengatur file antara penyimpanan internal, SD card dan cloud storage.

File explorer digunakan untuk memindahkan, menyalin, membagikan, mengganti nama file di penyimpaan internal, SD card dan cloud storage. File Explorer juga memiliki fitur untuk mengurutkan dan mengkategorikan file, menjelajahi gambar, video, musik, aplikasi dan folder serta mengelola unduhan seperti melihat file yang baru diunduh dan memindahkan ke folder lain.

Pembersih penyimpanan digunakan untuk membebaskan memori perangkat Android dengan rekomendasi menghapus file dan folder, mengurutkan dan mengatur file berdasarkan ukuran serta mencari tahu file yang banyak menghabiskan ruang penyimpanan. Manager penyimpanan dan pengatur file digunakan untuk mengelola semua cloud storage bersama-sama dalam satu aplikasi dengan menghubungkan, membagikan dan mensinkronkan.

5. Material Files.

Aplikasi file manager terbaik untuk Android

Opsi file manager yang open source, ringan, bersih dan aman adalah Material Files. Banyak orang menyukai ini karena antarmuka yang mengikuti pedoman material design. Material Files telah mendukung mode gelap dan Anda juga dapat memilih antara desain Material lama atau baru. Material Files memungkinkan Anda untuk mengatur direktori default dan menandai file atau folder yang sering diakses.

Material Files memiliki fitur yang diperlukan sebagai sebuah aplikasi file manager pada Android meskipun tidak selengkap beberapa aplikasi file manager di atas. Beberapa fitur yang ada di Material Files adalah breadcrumbs untuk menavigasi file system, root support untuk mengelola file dengan akses root, archive support untuk meninjau, mengekstrak dan membuat file arship dan theme untuk menyesuaikan warna UI (User Interface).

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It