Cara mengubah warna gambar di Microsoft PowerPoint

Cara Mengubah Warna Gambar Di Microsoft PowerPoint

Sebuah presentasi Microsoft PowerPoint bisa terdiri dari satu atau lebih slide. Di slide presentasi ini, informasi terkait topik disajikan. Tidak seperti dokumen Microsoft Word yang lebih dominan teks, slide lebih menampilkan sisi visual melalui obyek seperti gambar, foto, shape, grafik, tabel dan sebagainya. Itulah sebabnya, ketika membuat slide presentasi PowerPoint, Anda perlu menyisipkan gambar ke dalamnya.

Umumnya, Anda akan menggunakan gambar yang ada atau mencari di internet yang bebas dari pelanggaran hak cipta. Anda mungkin menemukan satu atau lebih namun dengan warna yang tidak sesuai yang diharapkan. Anda ingin warna gambar tertentu untuk disesuaikan dengan warna latar template presentasi yang digunakan atau ingin disesuaikan dengan warna obyek lain yang sudah ada.

Baca artikel:

Bila memang diperlukan, Anda dapat mengubah warna menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Photoshop atau yang lain. Sebenarnya, Aplikasi di paket Microsoft Office seperti PowerPoint, Excel dan Word telah dilengkapi fitur Warna untuk edit gambar meskipun sangat terbatas. Dengan fitur edit gambar yang tersedia, Anda juga dapat mengubah warna gambar di PowerPoint.

Baca artikel:

Mengubah warna gambar di PowerPoint dan aplikasi lain di Microsoft Office sebenarnya adalah menyesuaikan intensitas warna (color saturation) atau nada warna (color tone) gambar. Jadi perubahan intensitas atau nada warna gambar ini berlaku untuk keseluruhan gambar. Anda tidak dapat memberi warna tertentu pada bagian tertentu dan warna lain pada bagian lain dari gambar.

Baca artikel 7 Cara Mendefinisikan Warna Di CSS

Selain intensitas dan nada warna, alternatif warna gambar juga bisa diperoleh melalui pewarnaan ulang (Recolor) yang menampilkan berbagai variasi skema warna yang bisa Anda pilih. Selain itu, Anda juga dapat mengubah warna gambar berdasarkan warna pilihan Anda melalui More Variations... Berikut ini adalah cara mengubah warna gambar di Microsoft PowerPoint.

Buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft PowerPoint dan kemudian sisipkan (insert) gambar yang ingin diubah warnanya. Klik pada gambar untuk menyeleksi gambar tersebut.

Cara mengubah warna gambar di Microsoft PowerPoint

Klik tab Format (1) di bawah Picture Tool, di kelompak Adjust, klik tombol Color (2).

Cara mengubah warna gambar di Microsoft PowerPoint

Melalui daftar tarik turun, muncul berbagai varian warna gambar hasil penyesuaian dari intensitas warna (color saturation) (1), nada warna (color tone) (2) atau opsi warna lainnya dari pewarnaan ulang (recolor) (3). Klik salah satu warna untuk mengubah warna gambar dengan warna tersebut.

Cara mengubah warna gambar di Microsoft PowerPoint

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan varian warna gambar berdasarkan warna yang Anda pilih. Di bagian paling bawah pilih More Variations... (1) dan kemudian pilih warna (2) yang Anda ingin.

Cara mengubah warna gambar di Microsoft PowerPoint

Bila Anda telah memilih salah satu dari berbagai variasi warna gambar yang ditampilkan, maka warna gambar yang telah disisipkan langsung berubah sesuai dengan warna gambar pilihan.

Cara mengubah warna gambar di Microsoft PowerPoint
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It