Cara Kembali Ke Pengaturan Default Browser Google Chrome

Tidak akan selamanya browser Google Chrome yang Anda digunakan selalu dalam kondisi terbaik. Ketika merasa tidak puas dengan pengaturan default browser, Anda mungkin akan melakukan banyak perubahan pengaturan seperti menonaktifkan JavaScript, membolehkan Pop ups, mengubah pengaturan terkait konten (cookies, images, plug-ins), menambahkan ekstensi dan lain sebagainya.

Demikian pula tanpa Anda sadari, menginstal program atau aplikasi baru ke komputer juga dapat mengubah pengaturan Google Chrome. Anda mungkin akan melihat munculnya ekstensi, toolbar atau mesin telusur baru lain yang ditambahkan ke Google Chrome tanpa sepengetahuan dan keinginan Anda.

Baca artikel:

Namun Anda tidak perlu kawatir. Google Chrome telah dilengkapi fitur untuk kembali ke pengaturan default hanya dengan satu kali klik, jauh lebih mudah dari versi Google Chrome lama yang perlu mencari dan kemudian menghapus folder Default. Folder Default adalah tempat dimana semua perubahan pengaturan pada browser Google Chrome disimpan.

Mengatur ulang (resetting) Google Chrome kepengaturan default akan menghapus semua perubahan yang tidak diinginkan, baik yang sengaja dilakukan atau akibat dari menginstal program. Berikut ini adalah cara menggembalikan Google Chrome ke pengaturan default:

Jalankan browser Google Chrome, klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan ikon tiga titik vertikal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih atau klik Settings.

Menggembalikan browser Google Chrome ke pengaturan default

Di halaman Settings yang muncul, gulung ke atas untuk menampilkan bagian paling bawah. Klik tautan Show advanced settings untuk menampilkan pengaturan (settings) lanjutan dari browser Google Chrome.

Menggembalikan browser Google Chrome ke pengaturan default

Gulung kembali ke atas untuk menampilkan halaman Settings paling bawah. Di bagian Reset setting, klik tombol Reset settings untuk menampilkan kotak dialog Reset settings.

Menggembalikan browser Google Chrome ke pengaturan default

Klik tombol Reset dari kotak dialog yang muncul dan tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai. Setelah selesai, kini Google Chrome telah kembali menggunakan pengaturan default.

Menggembalikan browser Google Chrome ke pengaturan default
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It