Joomla adalah salah satu Content Manajement System (CMS) berbasis bahasa pemrograman PHP. Joomla mendukung beberapa macam database seperti MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server dan Oracle. CMS Joomla telah mengalami begitu banyak perubahan terkait fitur. CMS Joomla kini memiliki lebih banyak fitur dan hampir semua fitur telah ditingkatkan dan disempurnakan.

Salah satu hal paling sulit yang banyak dialami pengguna Joomla dulu adalah pembaruan (update) sistem inti (versi) Joomla. Ini juga yang menjadi alasan Joomla tidak banyak digunakan. Kini, dengan hanya mengklik tombol Update, Anda dapat memperbarui versi Joomla dengan mudah. Dimulai dari CMS Joomla 1.6, Joomla juga menyertakan fitur yang memberi kemudahan untuk memperbarui ekstensi Joomla melalui Joomla! Update System.

Baca artikel Mengenal Tipe-Tipe Ekstensi Joomla Dan Petunjuk Memilihnya

Joomla! Update System menyediakan cara mudah memperbarui ekstensi Joomla dan juga sekaligus memberi notifikasi kepada Anda bahwa telah tersedia versi terbaru untuk ekstensi tersebut. Joomla menganjurkan kepada semua pengembang ekstensi Joomla, baik ekstensi gratis maupun berbayar, yang diunggah (upload) ke Joomla! Extension Directory (JED) untuk menyediakan pembaruan atau update ekstensi melalui Joomla Update System.

Artikel menarik lainnya:

Salah satu ciri ekstensi Joomla yang dianggap baik adalah adanya komitmen pengembang ekstensi tersebut untuk menyediakan pembaruan secara kontinyu. Anda perlu memastikan bahwa ekstensi yang diunduh (download) dari JED menyediakan pembaruan melalui Joomla! Update System. Hal ini untuk memastikan bahwa ekstensi tersebut selalu kompatibel dengan versi Joomla berikutnya.

Cara memperbarui (update) ekstensi di CMS Joomla

Salah satu ekstensi Joomla yang digunakan di blog ini adalah Disqus Comment. Disqus Comment adalah ekstensi Joomla yang mengintegrasikan sistem komentar Disqus ke Joomla. Ekstensi ini dikembangkan oleh JoomlaWorks. Ekstensi ini tersedia di JED dan dapat diunduh gratis. Thank to JoomlaWorks yang telah menyediakan ekstensi ini secara gratis dan mempermudah pengguna Joomla memakai sistem komentar hebat ini.

Baca artikel Mengapa Blog Termasmedia Mengganti Sistem Komentar Facebook Dengan Disqus? Ini Jawabannya

Tidak semua ekstensi Joomla menyediakan pembaruan melalui Joomla! Update System. Sedangkan untuk ekstensi Joomla yang menyediakan pembaruan melalui Joomla! Update System, Anda dapat memperbarui ekstensi melalui area administrator (panel admin) Joomla. Berikut ini adalah cara memperbarui (update) ekstensi di CMS Joomla melalui area administrator (panel admin) Joomla. Adapaun ekstensi yang diperbarui adalah Disqus Comment.

Masuk (login) ke area administrator (panel admin) Joomla. Bila ada pengembang ekstensi Joomla yang merilis pembaruan (update), di bagian atas laman akan ada pemberitahuan. Klik tombol View Updates untuk melihat ekstensi Joomla mana yang telah merilis update.

Cara memperbarui (update) ekstensi di CMS Joomla

Di laman Extensions: Update, Anda langsung dibawa ke tab Update (1). Di sini Anda dapat melihat ekstensi mana yang telah merilis update. Di contoh ini, ekstensi Disqus Comment telah meliris update. CMS Joomla Anda saat ini menggunakan ekstensi Disqus Comment 3.6.0, sedangkan telah dirilis Disqus Comment 3.7.0. Untuk melakukan pembaruan (update) ekstensi Disqus Comment, beri tanda centang di ekstensi Disqus Comments (for Joomla) (2) dan kemudian klik tombol Update (3).

Cara memperbarui (update) ekstensi di CMS Joomla

Pembaruan (update) ekstensi Disqus Comments di Joomla sangat singkat. Bila telah selesai, ada pemberitahuan bahwa update telah sukses dilakukan.

Cara memperbarui (update) ekstensi di CMS Joomla

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner