Bila Anda membuat blog atau website dengan CMS Joomla, mungkin Anda sudah sangat mengenal struktur URL (permalink) yang dihasilkan. Bila memperhatikan URL setiap Anda mempublikasikan artikel baru, di bagian judul artikel akan didahului nomor ID. Nomor ID sebenarnya adalah nomor otomatis yang diberikan ke artikel ketika disimpan di database. Tidak hanya artikel, semua record atau data yang disimpan di database perlu nomor identifikasi (ID).

Sebagai contoh, di URL situs.com/seo/312-https-vs-http, 312 yang terdapat di judul artikel adalah nomor ID yang disertakan secara otomatis ketika mempublikasikan artikel di blog atau website Joomla. 312 dianggap tidak memiliki arti atau nilai pencarian untuk mesin pencari dan juga Anda. Angka jarang atau bahkan tidak digunakan sebagai bagian dari kata kunci untuk mencari sesuatu di internet. Angka dianggap hanya akan menambah panjang URL yang seharusnya dibuat pendek 3 sampai 5 kata.

Baca artikel Cara Mengoptimalkan Struktur Permalink Untuk Meningkatkan SEO Website

Menghapus nomor ID di URL blog atau website Joomla akan membuat URL menjadi lebih ramah mesin pencari dan juga dapat meningkatkan SEO. Joomla 3.8 memiliki fitur routing system untuk menghapus nomor ID yang ada di URL. Fitur routing system ini awalnya akan disertakan di Joomla 3.7, namun dibatalkan dan akhirnya disertakan di Joomla 3.8. Secara default, fitur routing system dinonaktifkan. Bila diaktifkan dan nomor ID dihapus, maka dihasilkan URL situs.com/seo/https-vs-http.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur Routing System dan menghapus nomor ID di CMS Joomla:

Masuk (login) terlebih dahulu ke panel admin Joomla (Joomla backend), klik menu Content (1) dan kemudian pilih Articles (2).

Menggunakan fitur routing system Joomla untuk URL ramah mesin pencari

Di laman Articles, di susut kanan atas, klik tombol Options.

Menggunakan fitur routing system Joomla untuk URL ramah mesin pencari

Di laman Articles: Options, pastikan Anda telah berada di tab Integration (1), pilih Modern untuk URL Routing (2), pilih Yes untuk Remove IDs from URLs (3) dan kemudian simpan dengan mengklik tombol Save & Close.(4)

Menggunakan fitur routing system Joomla untuk URL ramah mesin pencari

Catatan:

Mengaktifkan fitur Routing System dan menghapus ID di CMS Joomla akan merubah struktur URL. Dengan demikian, URL lama dengan nomor ID dan URL baru tanpa nomor ID dianggap sebagai dua URL berbeda dan dapat berakibat 404 Not Found atau laman tidak ditemukan. Sangat dianjurkan Anda menggunakan fitur Routing System untuk blog atau website Joomla yang baru dibuat, tidak untuk website Joomla yang sudah cukup lama online.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner